Membuat Rangkaian Elektronika Sederhana

2505 views

membuat rangkaian elektronikaMembuat Rangkaian Elektronika Sederhana - Dalam belajar elektronika, pastinya kita akan dihadapkan dengan yang namanya membuat rangkaian elektronika. Karena percuma saja kita hafal dan paham berbagai macam teori elektronika mengenai arus, tegangan, daya, dan lain sebagainya, namun kita tidak bisa praktek membuat sebuah rangkaian elektronika.

Pada kesempatan sebelumnya, belajarelektronika.net telah mengajak anda semua untuk melihat informasi mengenai contoh rangkaian elektronika. Dan pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan melanjutkannya dengan materai mengenai membuat rangkaian elektronika sederhana sendiri secara dasar untuk pemula.

Membuat Rangkaian Elektronika

Ada beberapa tahap yang harus diperhatikan saat anda ingin mencoba membuat sebuah rangkaian elektronika sederhana. Tahap-tahap tersebut harus dilakukan dengan benar dan matang, agar nantinya rangkaian yang dihasilkan juga bisa maksimal, dan tidak ada banyak masalah yang terjadi dalam rangkaian tersebut. Berikut ini adalah beberapa tahap yang harus anda lakukan dalam membuat rangkaian elektronika sederhana:

1. Mencari Ide dan Memilih Rangkaian

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah berfikir rangkaian seperti apa yang ingin anda buat. Jika anda ingin membuat sebuah rangkaian yang baru dan belum pernah dibuat sebelumnya, maka anda harus berfikir ekstra menggali ide dan merealisasikannya. Namun untuk para pemula sebaiknya memilih rangkaian yang sudah pernah dibuat sebelumnya agar lebih mudah.

2. Pelajari Rangkaian Tersebut

Setelah anda memilih rangkaian mana yang sekiranya cocok untuk anda realisasikan, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memahami betul isi rangkaian tersebut, mulai dari skemanya, komponen penyusunnya, layout PCBnya, dan masih banyak lagi yang lain. Berikut ini adalah contioh skema rangkaian LED berjalan.

rangkaian led berjalan

3. Lakukan Simulasi

Perlu diketahui bahwa untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam membuat rangkaian, alangkah baiknya anda melakukan simulasi rangkaian elektronika terlebih dahulu. Tujuannya adalah apakah rangkaian tersebut bisa benar-benar berfungsi dengan baik atau tidak. Anda bisa menggunakan berbagai macam software simulasi yang ada saat ini.

4. Siapkan Alat dan Bahan

Setelah semua fix, anda bisa langsung mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat rangkaian tersebut. Anda bisa mendapatkan semua komponen yang anda butuhkan di toko-toko komponen elektronika yang ada di sekitar rumah anda, termasuk PCB dan IC yang digunakan.

5. Eksekusi

Setelah semua siap, waktunya eksekusi. Pertama-tama silahkan buat layout PCB. Anda bisa melihat contoh layout PCB untuk rangkaian LED berjalan di bawah ini. Setelah PCB siap, lubangi menggunakan bor untuk tempat komponen. Rakit satu per satu komponen menggunakan solder dan timah. Apabila sudah jadi waktunya dicoba.

pcb rangkaian led berjalan

6. Tes dan Troubleshoot

Langkah terakhir adalah melakukan uji coba. Apabila rangkaian yang anda buat sudah berfungsi sebagaimana mustinya, berarti anda telah sukses dan tidak perlu untuk troubleshooting. Sebaliknya jika rangkaian tersebut tidak berfungsi sebagaimana mustinya, anda harus melakukan berbagai langkah troubleshooting untuk menemukan permasalahannya dan memperbaikinya.

Sekian informasi mengenai membuat rangkaian elektronika. Semoga informasi tadi dapat dapat memberikan manfaat sekaligus inspirasi, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya mengenai contoh rangkaian elektronika sederhana.

Incoming search terms:

  • tahap tahap pembuatan rangkaian elektronik
  • membuat pcb rangkaian sederhana
  • membuat alat listrik sederhana menggunakan pcb
  • Layout rangkaian elektronik unik
  • ide ide membuat rangkaian elektronik
  • ide alat sederhana elektronik
  • cara membuat rangkain elektronik dan pengemasannya
  • cara membuat rangkaian sederhana melalui sofware
  • cara membuat layout elektronika untuk pemula
  • bahan bahan untuk membuat simulasi pintu garasi otomatis rangakain elektronika

Leave a reply "Membuat Rangkaian Elektronika Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.