Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung yang Tidak Bisa Spin

765 views

Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung yang Tidak Bisa Spin – Hampir semua orang kini memiliki alat yang bernama mesin cuci untuk memudahkan pekerjaannya, terutama untuk urusan cuci mencuci pakaian. Ya, wajar saja karena alat tersebut memang banyak sekali manfaatnya, terutama bagi orang-orang yang sibuk dan tidak sempat melakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri.

Selain itu saat ini harga mesin cuci juga semakin terjangkau. Banyak brand-brand mesin cuci yang menjual produk dengan berbagai macam pilihan model, fitur, dan harga. Mulai yang paling terkenal seperti LG, Samsung, Panasonic, Sanyo, Sanken, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada banyak juga brand-brand asal Tiongkok yang juga memproduksi mesin cuci. Salah satunya adalah Akari.

Bicara soal model mesin cuci, tentu beberapa dari anda sudah familiar seperti model mesin cuci satu tabung, mesin cuci dua tabung, mesin cuci front loading, dan mesin cuci top loading. Untuk perbedaan mengenai model-model mesin cuci tersebut mungkin akan kami bahas di artikel yang lainnya.

Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat info mengenai permasalahan yang ada pada mesin cuci satu tabung. Ya, jenis mesin cuci satu tabung merupakan jenis yang paling banyak dicari karena lebih praktis dan otomatis. Sayangnya harga mesin cuci satu tabung umumnya lebih mahal jika dibanding dengan mesin cuci dua tabung.

Ada beberapa jenis kerusakan yang sering dialami oleh mesin cuci 1 tabung. Salah satunya adalah fitur pengering yang rusak. Jadi mesin cuci tidak bisa spin alias berputar untuk mengeringkan pakaian. Jadi setelah mesin melakukan proses cuci bilas, maka mesin akan mati atau mengulangi proses sebelumnya alias bolak balik.

Jika mesin cuci anda mengalami masalah demikian, jangan terlalu panik karena memang tak sedikit orang yang mengeluhkan masalah serupa. Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan mesin cuci tidak bisa spin atau berputar untuk mengeringkan pakaian yang dicuci.

Baca juga : Besar Watt Listrik Mesin Cuci 1 Tabung

Tentu anda semua bertanya-tanya, terus bagaimana jika masalah tersebut terjadi pada mesin cuci kita? Oke, berikut kami bagikan info mengenai beberapa penyebab mesin cuci tidak bisa spin dan cara paling mudah untuk mengatasinya. Jika anda penasaran, langsung saja baca baik-baik ulasan yang kami bagikan di bawah ini.

1. Drain Motor Rusak

Penyebab pertama mengapa mesin cuci 1 tabung tidak bisa spin atau berputar ialah karena drain motor rusak. Seperti yang kita tahu bahwa dalam mesin cuci terdapat beberapa motor. Drain motor adalah motor yang berfungsi dalam proses pembuangan air sebelum pakaian dikeringkan. Jika motor tersebut rusak, tentu proses spin atau pengeringan tidak bisa dilakukan.

Cara untuk mengatasinya cukup mudah. Anda perlu melakukan pengecekan pada bagian drain motor. Periksa kabel-kabelnya apakah ada yang putus. Jika ada, silahkan sambung. Jika kabel-kabelnya normal, berarti kemungkinan besar kerusakan terjadi pada motor itu sendiri. Maka anda harus menggantinya dengan drain motor baru.

2. Kapasitor Dinamo Rusak

Mesin cuci tidak bisa spin atau berputar juga bisa disebabkan karena kapasitor dinamo yang rusak. Ya, motor pada mesin cuci tidak akan bisa berputar apabila kapasitornya rusak. Kita bisa mengetahui apakah kapasitor tersebut rusak atau tidak dengan cara membongkar mesin cuci dan melihat pada bagian kapasitornya.

Kapasitor yang rusak biasanya bisa dikenali dari ciri-ciri fisiknya seperti terbakar, menggelembung, atau bocor. Atau jika anda ingin lebih akurat, bisa mengeceknya dengan menggunakan multimeter. Jika memang terbukti kapasitor dinamo rusak, maka anda harus menggantinya dengan kapasitor baru agar mesin cuci bisa spin.

Baca juga : Harga Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung

3. Rem Rusak

Pada jenis mesin cuci 1 tabung top loading, terdapat sebuah bagian yang berfungsi sebagai rem. Bagian rem tersebut sangat berfungsi pada saat mesin cuci berputar baik saat melakukan proses cuci, bilas, maupun pengeringan. Jika rem tersebut rusak, maka sudah pasti mesin cuci tidak bisa spin untuk mengeringkan pakaian.

Cara paling mudah untuk menangani masalah mesin cuci tidak bisa spin akibat rem rusak ialah dengan menggantinya dengan rem baru. Dijamin setelah melakukan penggantian, mesin cuci 1 tabung anda akan berjalan dengan normal dan bisa melakukan proses spin atau pengeringan sebagaimana mestinya.

4. Kerusakan Pada Board

Masalah lain yang juga bisa menyebabkan mesin cuci tidak bisa spin ialah karena board mesin cuci rusak. Banyak pengguna mesin cuci 1 tabung mengeluh karena pada saat proses pengeringan, mesin tiba-tiba mati dan memulai proses pencucian dari awal. Hal tersebut bisa terjadi karena bagian board atau modul rusak.

Untuk memperbaikinya anda harus membongkar mesin cuci dan memeriksa setiap komponen elektronika yang ada pada board mesin cuci tersebut. Anda bisa melakukan pemeriksaan menggunakan multimeter. Jika sudah ditemukan komponen mana yang rusak, anda harus menggantinya.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung tidak bisa spin atau berputar untuk mengeringkan pakaian. Semoga info ini bisa membantu mengatasi masalah mesin cuci anda yang rusak tanpa harus datang ke tukang servis mesin cuci. Jadi lebih praktis dan tentunya hemat.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.