Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar

2616 views

menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasarMenerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar - Setelah sebelumnya belajarelektronika.net mengajak anda semua untuk belajar mengenai rangkian elektronika, pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan dengan materi teknik elektronika analog dan digital. Dua hal tersebut akan sangat erat kaitannya dengan dunia elektronika, oleh karena itu harus dipelajari dengan baik-baik.

Perlu diketahui  bahwa elektronika digital adalah sistem elektronika yang menggunakan sinyal terputus atau digital yang dilambangkan dengan satuan logika 0 dan 1. Sedangkan elektronika analog adalah sistem elektronika yang menggunakan sinyal kontinyu.

Setelah anda mengetahui teori elektronika analog dan digital, maka anda juga harus tahu bahaimana penerapannya. Contoh simpelnya adalah pada multimeter atau avometer. Kita mengenal dua jenis multimeter, yakni multimeter analog dan digital. Dua alat tersebut juga merupakan salah satu contoh penerapan teknik elektronika analog dan digital.

Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar

Lantas apa perbedaan dasar dari elektronika analog dan digital? Persepsi orang kebanyakan menganggap bahwa elektronika analog lebih kuno dibandingkan dengan elektronika digital. Sistem digital merupakan suatu kombinasi peralatan listrik, fotolistrik mekanis, dan lainnya yang disusun guna melakukan fungsi tertentu, yang mana kuantitas atau jumlahnya dinyatakan secara digital (0 dan 1).

Sebaliknya, sistem elektronika analog kuantitas atau jumlah fisik prinsipnya memiliki sifat analog yang berubah secara gradual pada suatu rentang yang berkesinambungan atau kontinyu. Lantas apa kelebihan sistem digital dibanding dengan analog? Sebenarnya ada beberapa pandangan mengenai hal tersebut.

Banyak yang menganggap bahwa sistem digital tingkat pengiriman informasinya lebih tinggi, perpindahan informasinya lebih banyak, dan tingkat kesalahannya lebih sedikit. Saat membahas elektronika digital pastinya anda akan menyinggung gerbang digital seperti gerbang AND, OR, NOT, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh penerapan elektronika digital yang paling mudah adalah pada sistem switch atau saklar. Jika saklar dalam keadaan ON, maka bisa dinotasikan dengan angka atau lambang 1. Sebaliknya jika, saklar dalam keadaan OFF, maka bisa dinotasikan dengan angka atau lambang 0. Elektronika digital sendiri sebenarnya merupakan aplikasi dari aljabar boolean yang banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sekian informasi mengenai menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar. Semoga informasi yang kami bagikan tadi dapat memberikan manfaat, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan anda di kotak komentar. Sampai jumpa, dan baca juga artikel menarik lainnya mengenai ebook rangkaian elektronika.

Incoming search terms:

  • soal dan jawaban menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
  • contoh penerapan teknik digital dalam kehidupan sehari hari
  • elektronika analog dan digital yqng ada di dunia

Leave a reply "Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.