Mengenal Komponen Elektronika Dasar Lengkap

2569 views

mengenal komponen elektronikaMengenal Komponen Elektronika Dasar Lengkap - Ketika kita ingin belajar elektronika, tentunya harus paham betul mengenai komponen elektronika, mulai dari pembagiannya sampai dengan jenis-jenisnya. Perlu diketahui bahwa komponen elektronika dibagi menjadi dua macam, yakni komponen elektronika pasif dan komponen elektronika aktif.

Komponen elektronika pasif ialah komponen elektronika yang tidak memiliki peran dalam menyalurkan dan memperkuat arus listrik dalam sebuah rangkaian. Sementara komponen elektronik aktif ialah komponen elektronika yang memiliki peran dalam menyalurkan maupun memperkuat arus listrik.

Mengenal Komponen Elektronika

Berikut ini adalah beberapa komponen elektronika dasar, baik itu komponen elektronika aktif maupun pasif yang perlu anda ketahui guna mempermudah pemahaman anda saat mempelajari elektronika.

1. Resistor

Resistor merupakan tahanan atau hambatan listrik. Resistor dilambangkan dengan huruf "R". Ada banyak sekali jenis resistor, mulai dari resistor tetap, resistor variabel, dan beberapa jenis resistor lainnya. Yang membedakan resistor satu dengan yang lain adalah nilai resistansi yang dimiliki oleh sebuah resistor itu sendiri. Penentuan nilai resistansi resistor biasanya bisa dilihat dari gelang warna yang dimilikinya.

Rumus resistor yakni : R = V/I
Artinya

  • R = Tahanan (Ohm)
  • V = Tegangan (Volt)
  • I = Arus (Ampere)

2. Kapasitor

Kapasitor / Capasitor / Kondensator merupakan rangkaian elektronika yang memiliki fungsi menyimpan muatan arus listrik sementara. Kapasitor ini memiliki banyak sekali jenis, mulai dari kapasitor bipolar sampai dengan unipolar. Kapasitor terbentuk dari dua permukaan yang saling berhubungan, namun dipisahkan oleh sebuah penyekat. Yang membedakan kapasitor satu dengan yang lain adalah kapasitansi yang dimilikinya.

Rumus kapasitor : C = Q/V
Artinya

  • C = Kapasitansi
  • Q = Muatan
  • V = Tegangan

Baca Juga : Daftar Harga Komponen Elektronika Terbaru

3. Transistor

Transistor merupakan salah satu jenis komponen elektronika yang memiliki banyak sekali fungsi mulai dari penguat, switch, tabilisasi tegangan, modulasi sinyal, dan beberapa fungsi lainnya. Transistor juga bisa diibaratkan sebagai kran listrik. Pada umunya transistor memiliki 3 kaki, yakni kaki basis, emitor, dan kolektor. Selain itu transistor juga sangat banyak sekali macamnya.

4. Induktor

Induktor merupakan sebuah komponen elektronika yang memiliki bentuk lilitan kawat kumparan. Prinsip kerja dari induktor ini adalah: jika ada arus meningkat, maka medan magnet juga akan meningkat mengikuti perbesaran arus tersebut. Besaran energi dalam sebuah induktor dapat ditentukan dengan rumus: W = 1/2 . L . I2.

5. Dioda

Dioda merupakan sebuah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penyearah. Komponen yang satu ini dapat membuat arus mengalir pada arah tertentu, dan menghambat aliran arus listrik pada arah lainnya. Ada banyak sekali jenis dioda mulai dari dioda Zener, LDR, sampai LED pun juga termasuk dalam salah satu jenis dioda.

6. Transformator

Transformator alias trafo merupakan salah satu jenis komponen elektronika yang memiliki fungsi menaikkan ataupun menurunkan tegangan. Misal input yang masuk dalam sebuah trafo sebesar 220 V, maka dapat diturunkan menjadi 10 V pada outputnya.

Selain beberapa komponen yang telah disebutkan tadi, sebenarnya masih ada beberapa komponen elektronika dasar lainnya seperti IC dan saklar atau switch. Anda bisa lebih mengenal komponen elektronika dasar secara lengkap dengan membaca artikel mengenai komponen komponen elektronika dan fungsinya.

Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya, khususnya bagi para pembaca yang sedang memperdalam ilmunya di dunia elektronika. Bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat. Sekian informasi mengenai "mengenal komponen elektronika dasar lengkap". Baca juga artikel menarik lainnya mengenai komponen elektronika dan fungsinya lengkap. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • mengenal komponen elektronika dasar lengkap
  • Mengenal komponen
  • mengenal komponen elektronik
  • mengenal komponen elektronik dan fungsinya
  • belaja komponen elktronika
  • belajar komponen elektro
  • mengenal komponen elektronik dan pungsinya
  • dasar dasar komponen elektronika
  • gambar elektronika
  • belajr mengenl komppnen elktronik

Leave a reply "Mengenal Komponen Elektronika Dasar Lengkap"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.