Nama Komponen Elektronika dan Fungsinya Lengkap

17851 views

nama komponen elektronika

Nama Komponen Elektronika dan Fungsinya Lengkap – Seiring perkembangan teknologi, banyak bermunculan komponen-komponen elektronika baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Hal tersebut tak sedikit membuat orang yang baru belajar elektronika merasa kebingungan mengenalinya.

Untuk mempermudah pemahaman mengenai komponen elektronika, anda harus tahu terlebih dahulu komponen elektronika dasar beserta dengan fungsinya. Beberapa komponen elektronika dasar yang harus diketahui diantaranya adalah resistor, transistor, kapasitor atau kondensator, dan beberapa komponen lainnya.

Nama Komponen Elektronika

Nah, untuk mempermudahkan pemahaman anda dalam mengenal nama-nama komponen elektronika secara lengkap mulai yang paling dasar sampai yang paling baru, silahkan simak baik-baik ulasan dari belajarelektronika.net berikut ini.

1. Kapasitor

kapasitor

Kapasitor adalah salah satu jenis komponen elektronika yang memiliki fungsi menyimpan muatan listrik untuk sementara waktu. Komponen ini ada yang berjenis bipolar, ada juga yang berjenis unipolar.

2. Resistor

resistor

Resistor adalah jenis komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai hambatan dalam sebuah rangkaian elektronika. Komponen ini memiliki satuan Ohm.

3. Transistor

transistor

Transistor adalah jenis komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai penguat, switch, modulasi sinyal, dan beberapa fungsi lainnya.

4. Dioda

dioda

Dioda adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai penyearah. Komponen dioda ini memiliki banyak sekali jenis mulai dari LDR sampai dengan photo dioda.

5. Induktor

induktor

Induktor merupakan salah satu komponen elektronika yang biasanya ditemukan pada rangkaian yang berhubungan dengan frekwensi seperti radio dan televisi.

6. Transformator

transformator

Transformator atau trafo adalah salah satu jenis komponen elektronika yang memiliki fungsi menaikkan atau menurunkan tegangan listrik.

7. IC (Integrated Cirucit)

ic

IC (Integrated Cirucit) adalah komponen elektronika yang tersusun atas beberapa komponen dasar dan fungsinya disesuaikan dengan komponen penyusunnya.

8. Saklar

saklar

Sklar atau switch adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai penghubung dan pemutus arus atau tegangan listrik dalam sebuah rangkaian elektronika.

Sebenarnya masih banyak sekali nama-nama komponen elektronika seperti dioda zener, SCR, optocopler, dll. Namun tidak bosa kami sebutkan satu per satu di sini. Sekian informasi mengenai nama komponen elektronika dan fungsinya lengkap. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat. Baca juga artikel lain mengenai jenis komponen elektronika.

Incoming search terms:

  • komponen lampu dan fungsinya
  • nama nama komponen elektronik dan gambarnya
  • nama nama komponen elektronik
  • nama nama komponen
  • nama komponen lampu
  • nama komponen elektronik dan gambarnya
  • nama komponen elektronika
  • mengenal komponen elektronika
  • nama komponen elektronik
  • nama komponen
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.