Pengenalan Komponen Elektronika Dasar

1809 views

pengenalan komponen elektronikaPengenalan Komponen Elektronika Dasar - Ketika kita belajar elektronika, maka yang pertama kali harus dilakukan adalah melakukan pengenalan terhadap komponen-komponen elektronika dasar. Ya, karena komponen-komponen itulah yang nantinya akan digunakan untuk membangun sebuah rangkaian elektronika.

Komponen elektrinika dasar sendiri terbagi atas dua jenis, yakni komponen elektronika pasif dan komponen elektronika pasif. Komponen elektronika aktif adalah komponen yang dalam penggunaannya memerlukan tegangan/arus listrik. Sebaliknya, komponen elektronika pasif tidak memerlukan arus/tegangan listrik dalam penggunaannya.

Pengenalan Komponen Elektronika

Untuk informasi lebih lengkap mengenai komponen elektronika pasif maupun aktif, bisa anda bisa baca artikel mengenai makalah komponen elektronika. Agar pemahaman anda mengenai komponen elektronika dasar bisa lebih baik, berikut akan kami bagikan informasi mengenai beberapa komponen elektronika dasar yang perlu anda ketahui.

a. Resitor

Resistor adalah salah satu jenis komponen elektronika pasif. Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai hambatan arus dalam sebuah rangkaian elektronika. Satuan dari resistor adalah Ohm.

b. Induktor

Induktor adalah salah satu jenis komponen elektronika pasif. Komponen ini biasa juga disebut dengan kumparan atau coil. Komponen induktor memiliki fungsi sebagai filter, pengatur frekwensi, serta penyambung / kopel.

c. Kapasitor

Kapasitor adalah jenis komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai penyimpan energi listrik untuk sementara waktu. Komponen ini banyak sekali jenisnya mulai yang berpolar sampai yang tidak berpolar.

d. Transistor

Transistor adalah salah satu jenis komponen elektronika aktif. Komponen ini memiliki banyak sekali fungsi, diantaranya adalah sebagai penguat arus, switch, penyetabil tegangan, penyearah, sampai dengan modulasi sinyal.

e. Dioda

Dioda atau diode adalah salah satu jenis komponen elektronika aktif. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penyearah dalam sebuah rangkaian elektronika. Dioda memiliki dua kaki yakni anoda dan katoda.

f. IC

IC atau Integrated Circuit adalah komponen elektronika aktif yang tersusun dari beberapa jenis komponen elektronika dasar yang menjadi satu kesatuan. Fungsi dari IC sendiri tergantung komponen yang ada di dalamnya.

Sekian informasi mengenai pengenalan komponen elektronika dasar. Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis komponen elektronika yang harus anda ketahui. Untuk itu silahkan pantau terus belajarelektronika.net untuk mendapatkan info terbaru seputar dunia elektronika. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai komponen elektronika daya.

Incoming search terms:

  • pengenalan komponen elektronik

Leave a reply "Pengenalan Komponen Elektronika Dasar"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.