Pengertian dan Fungsi Arduino Mikrokontroller

4948 views

pengertian dan fungsi arduino mikrokontrollerPengertian dan Fungsi Arduino Mikrokontroller - Belum lama ini banyak yang bertanya-tanya sebenarnya apa itu arduino? Apakah sejenis robot atau yang lainnya? Untuk menjawab rasa penasaran anda, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi mengenai definisi arduino dan fungsinya.

Harus diketahui bahwa arduino sangat erat kaitannya dengan robotik, pemrograman, maupun elektronika. Sama halnya dengan mikrokontroller, mikroprosesor, dan sejenisnya. Nah, daripada terus penasaran dan bertanya-tanya, silahkan simak informasi lebih detail dan lengkap mengenai arduino berikut ini.

Pengertian Arduino

Arduino adalah sebuah pengendali mikro board tunggal yang memiliki sifat terbuka (open source) yang diturunkan dari platform berbasis Wiring. Pengendali ini dirancang untuk mempermudah penggunaan dalam berbagai bidang elektronik. Hardware arduino mengandung prosesor jenis Atmel AVR, dan memiliki bahasa pemrograman tersendiri.

Perlu diketahui bahwa arduino masih masuk dalam keluarga mikrokontroler ATMega buatan Atmel. Namun seiring perkembangannya, banyak perusahaan lain yang membuat kloningan dari arduino dengan jenis mikrokontrol lainnya. Banyak pemula menggunakan arduino karena dianggap lebih mudah dipelajari maupun digunakan.

Akan tetapi tak jarang para professional menggunakan arduino untuk dikembangkan menjadi berbagai macam aplikasi elektronik. Sekedar informasi bahwa arduino menggunakan bahasa pemrograman arduino dengan synta menyerupai bahasa pemrograman C. Karena sifatnya yang open source, semua orang bebas mengunduh skema hardwarenya untuk dikembangkan.

Kelebihan arduino dibandingkan dengan pengendali mikro lain diantaranya adalah harganya yang relatif murah, pemrogramannya yang bersifat mudah dan sederhana, bebas digunakan karena bersifat open source, tak memerlukan hardware tambahan seperti chip, konektor USB, dan masih banyak lagi yang lainnya. Arduino juga bisa langsung terkoneksi dengan modul lain seperti GPS dan ethernet.

Arduino juga memiliki beberapa jenis seperti arduino uno, arduino due, arduino mega, arduino leonardo, arduino fio, arduino lilypad, arduino nano, arduino mini, arduino micro, arduino ethernet, arduino esplora, dan arduino robot. Masing-masing arduino tersebut memiliki ciri yang berbeda-beda.

Fungsi Arduino

Secara umum arduino memiliki fungsi memudahkan penggunaan dalam berbagai bidang elektronik seperti pembuatan aplikasi running LED, traffict LED, mobile robot, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan menggunakan arduino, pembuatan aplikasi-aplikasi tersebut menjadi lebih praktis, mudah, dan murah.

Demikian sedikit informasi mengenai pengertian dan fungsi arduino mikrokontroller. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net di manapun anda berada. Sampai jumpa di ulasan yang akan datang, dan bagikan artikel ini bila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • fungsi arduino
  • pengertian arduino
  • kegunaan arduino
  • arduino adalah
  • fungsi arduino nano
  • manfaat arduino
  • fungsi mikrokontroler
  • kegunaan arduino nano
  • pengertian fungsi arduino
  • fungsi arduino hardware

Leave a reply "Pengertian dan Fungsi Arduino Mikrokontroller"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.