Pengertian dan Fungsi Induktor

4954 views

pengertian dan fungsi induktorPengertian dan Fungsi Induktor - Induktor adalah komponen elektronika pasif yang kerap dijumpai pada rangkaian yang berhubungan dengan frekwensi seperti radio dan televisi. Komponen yang juga sering disebut dengan coil ini dapat dengan mudah kita jumpai di berbagai rangkaian elektronika baik yang sederhana sampai yang rumit.

Komponen induktor merupakan komponen elektronika yang terbentuk dari susunan atau lilitan kawat yang membentuk sebuah kumparan. Prinsip kerja dari komponen induktor akan menimbulkan medan magnet apabila dialiri arus listrik. Medan magnet tersebut dapat digunakan untuk menyimpan egergi dalam waktu yang singkat.

Pengertian Induktor

Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa induktor adalah komponen elektronika yang terbentuk dari susunan atau lilitan kawat yang membentuk kumparan, dimana saat dialiri arus listrik, kumparan tersebut akan menimbulkan medan magnet. Komponen yang satu ini sangat erat kaitannya dengan frekwensi.

Yang membedakan induktor satu dengan induktor lain adalah nilai induktansinya. Nilai induktasi adalah kemampuan dari sebuah induktor dalam menyimpan energi. Induktasi dapat dilambangkan dengan satuan Henry (H). Sedangkan simbol yang digunakan untuk melambangkan komponen yang satu ini pada sebuah rangkaian elektronika adalah huruf L.

Berikut ini adalah beberapa simbol komponen induktor:

simbol komponen induktor

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai induktansi dari sebuah induktor, diantaranya adalah jumlah lilitan, diameter induktor, panjang induktor, dan permeabilitas inti. Semakin besar nilai dari empat faktor tersebut, maka semakin besar pula nilai induktansi dari sebuah komponen induktor.

Fungsi Induktor

Secara umum, komponen induktor memiliki fungsi sebagai penyimpan energi listrik dalam sebuah medan magnet. Namun ada beberapa fungsi lain yang dapat dijumpai pada komponen induktor seperti filter frekuensi tertentu, menahan arus AC, meneruskan arus DC, sampai dengan pembangkit getaran dan melipatgandakan tegangan.

Komponen induktor biasanya diaplikasikan ke dalam berbagai macam komponen elektronik seperti transformator, motor listrik, lenoid, relay, speaker, microphon, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbagai macam rangkaian yang berhubungan dengan frekwensi banyak yang menggunakan komponen yang satu ini.

Demikian sedikit informasi mengenai pengertian dan fungsi induktor atau coil. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca web belajarelektronika.net semuanya. Sampai jumpa, dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya seputar rangkaian power supply sederhana.

Incoming search terms:

  • induktor

Leave a reply "Pengertian dan Fungsi Induktor"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.