Pengertian dan Prinsip Kerja Dioda Schottky

762 views

Pengertian dan Prinsip Kerja Dioda Schottky – Sebagian dari anda mungkin sudah pernah mendengar istilah dioda schottky. Yang jadi pertanyaan, sebenarnya apa itu dioda schottky? Sebelum membahas pengertian dioda schottky, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu dioda agar anda lebih mudah memahaminya.

Dioda adalah sebuah komponen elektronika aktif yang terbuat dari bahan semikonduktor, dan terdiri dari persambungan P-N. Selain itu dioda juga memiliki sifat menghantarkan arus pada tegangan maju, serta menghambat arus yang ada pada tegangan balik. Sampai saat ini kita mengenal beberapa jenis dioda, mulai dari LED, zener, sampai dengan dioda photo.

Pengertian Dioda Schottky

Kembali ke topik pembahasan utama. Dioda schottky adalah jenis dioda yang memiliki tegangan jatuh (drop voltage) yang rendah dibanding dengan dioda jenis lain. Perbedaan utama antara dioda schottky dengan dioda pada umumnya adalah penggunaan material untuk persimpangannya.

Dioda schottky menggunakan Logam-semikonduktor (Metal-Semiconductor Junction) untuk persimpangan, sedangkan dioda pada umumnya menggunakan Semikonduktor-semikonduktor (Semiconductor-semiconduction Junction) untuk persimpangannya. Dioda schottky sering digunakan pada rangkaian switching berkecepatan tinggi

Selain itu dioda schottky juga kerap digunakan pada rangkaian Frekuensi Radio (RF), rangkaian Penyearah Pencatu Daya, sampai dengan rangkaian Mixer. Sebenarnya nama dioda schottky diambil dari nama penemunya yakni Walter H. Schottky yang merupakan seorang ilmuan berkebangsaan Jerman.

Prinsip Kerja Dioda Schottky

Setelah tahu apa itu dioda schottky, tentu anda juga penasaran dengan prinsip kerjanya bukan? Sebelum kita bahas prinsip kerja dari dioda schottky, akan terlebih dahulu kita simak ulasan mengenai strukur dari dioda schottky. Berikut gambar atau bagan perbandingan antara struktur dioda schottky dengan dioda pada umumnya.

Dari gambar tersebut bisa kita lihat bahwa dioda pada umumnya menggunakan persimpangan Positif-Negatif (PN Junction), semikonduktor tipe-p dan tipe-n digunakan untuk membentuk persimpangan p-n. Sedangkan dioda schottky, semikonduktor tipe-p diganti dengan logam seperti aluminium ataupun platinum sehingga nembentuk persimpangan logam-semikonduktor tipe-n (Metal-Semiconductor tipe-n).

Baca juga : Pengertian Photodiode dan Fungsinya

Prinsip kerja dari dioda schottky cukup sederhana. Saat dioda schottky tidak diberi tegangan, tingkat energi elektron yang terdapat pada sisi semikonduktor tipe-n sangat rendah apabila dibandingkan dengan tingkat energi yang ada di sisi logam. Akibatnya elektron tidak dapat mengalir melalui penghalang persimpangan.

Akan tetapi pada saat dioda schottky diberi tegangan bias maju (forward bias), elektron yang berada pada sisi semikonduktor tipe-n akan mendapat energi yang cukup guna melewati penghalang persimpangan sehingga masuk ke wilayah logam. Dioda schottky juga sering disebut Dioda Pembawa Panas alias Hot Carrier Diode.

Dan apabila terdapat tegangan maju cukup yang diberikan ke dioda schottky, maka arus listrik akan mengalir secara bias maju (forward bias). Hal tersebut bisa terjadi karena arus listrik kehilangan tegangan kecil pada saat melintasi terminal yang ada pada dioda schottky. Kehilangan tegangan tersebutlah yang dikenal dengan istilah drop voltage.

Drop voltage pada dioda biasa kurang lebih sekitar sekitar 0,6 V hingga 0,7 V. Sedangkan drop voltage yang ada pada dioda schottky hanya sekitar 0,2 V sampai dengan 0,3 V. Kesimpulannya, dioda schottky mengonsumsi tegangan lebih kecil jika dibanding dengan dioda pada umumnya. Semoga info mengenai pengertian dioda schottky dan prinsip kerjanya ini bermanfaat.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.