Pengertian Elektronika Dasar Menurut Para Ahli

2632 views

pengertian elektronika dasarPengertian Elektronika Dasar Menurut Para Ahli - Elektronika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang pengendalian dan penerapan gerakan partikel pembawa muatan atau elektron. Banyak orang beranggapan bahwa elektronika merupakan cabang ilmu listrik yang mempelajari arus lemah.

Definisi-definisi tersebut bisa didapatkan dari teori yang dikemukakan oleh beberapa ahli dalam bidang elektronika seperti H.C. Yohannes, E. Carol Young, J. Millman, Fitrzgerald, Higginbotham, dan Grabel. Orang-orang tersebut merupakan para ahli di bidang elektronika yang telah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk meneliti dan mempelajari elektronika.

Fitrzgerald, Higginbotham, dan Grabel mengemukakan bahwa elektronika merupakan cabang ilmu listrik yang bersangkutan atau berkaitan secara luas dengan alih informasi menggunakan tenaga elektromagnetik. Sedangkan J. Millman berpendapat bahwa elektronika merupakan ilmu dan teknologi tentang melintasnya partikel bermuatan listrik yang ada di dalam suatu gas, ruang hampa, atau suatu benda semikonduktor.

Pandangan tersebut sedikit berbeda dari E. Carol Young yang menjelaskan bahwa elektronika merupakan studi, perancangan, serta penggunaan piranti yang berdasar pada hantaran listrik dalam suatu ruang hampa, gas maupun, semikonduktor. Pernyataan tersebut diperkuat oleh pendapat H.C. Yohannes yang menyebutkan elektronika adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat dan pemakaian piranti yang asas kerjanya berupa aliran elektron dalam ruang hampa atau gas serta aliran elektron dalam semipenghantar.

Ruang lingkup elektronika sangat bermacam-macam, mulai dari elektronika dasar, elektronika analog, elektronika digital, elektronika daya, sampai dengan elektronika industri. Dan pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan memberi sedikit penjelasan mengenai apa itu elektronika dasar.

Pengertian Elektronika Dasar

Elektronika dasar adalah cabang ilmu elektronika yang fokus mempelajari tentang dasar dasar elektronika yang terdiri dari teori bahan dan komponen elektronika sederhana, sampai dengan hukum hukum elektronika dasar yang meliputi kirchof, hukum ohm, dan teori dasar elektronika lainnya.

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai pengertian elektronika dasar. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat sekaligus inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda jikalau dianggap bermanfaat. Sampai jumpa dan baca artikel menarik lainnya mengenai macam macam elektronika.

Incoming search terms:

  • pengertian elektronik menurut para ahli
  • pengertian elektronika menurut para ahli
  • pengertian elektronika
  • pengertian elektronika praktis menurut para ahli
  • definisi elektronika menurut
  • pengertian elektronika menuriut ahli
  • pendapat tentang mempelajari elwktronika
  • konsep bidang elektronika
  • devenisi ohm
  • ruang lingkup bidang ilmu elktronika dan penerapannya

Leave a reply "Pengertian Elektronika Dasar Menurut Para Ahli"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.