Pengertian Elektronika Daya atau Definisinya

1869 views

pengertian elektronika dayaPengertian Elektronika Daya atau Definisinya - Saat kita belajar elektronika, pastinya kita akan mengenal istilah-istilah seperti elektronika dasar, elektronika digital, elektronika analog, sampai dengan elektronika daya. Beberapa hal tadi merupakan ruang lingkup yang dipelajari dalam elektronika.

Elektronika dasar mempelajari tentang dasar-dasar dalam elektronika mulai dari definisi-definisi istilah yang ada dalam elektronika, sampai dengan teori dasar elektronika dan kelistrikan. Elektronika analog mempelajari elektronika yang berkaitan dengan pemrosesan sinyal analog. Sebaliknya, elektronika digital mempelajari semua yang berkaitan dengan pemrosesan sinyal digital.

Lantas apa yang dipelajari dalam elektronika daya? Nah, pertanyaan tersebutlah yang akan kita jawab dalam artikel kali ini. Ya, setelah sebelumnya belajarelektronika.net berbagi sedikit informasi mengenai macam macam elektronika, kali ini akan dilanjutkan dengan pengertian atau definisi elektronika daya. Buat anda yang ingin tahu informasi lengkapnya, silahkan simak ulasan berikut.

Pengertian Elektronika Daya

Elektronika daya adalah cabang ilmu dalam elektronika yang mempelajari tentang elektronika arus kuat. Dalam elektronika daya ini,  bidang ilmu yang dipelajari meliputi listrik arus kuat seperti halnya transmisi energi listrik jarak jauh, sampai dengan efisiensi daya pada transmisi bertegangan tinggi.

Dari penjelasan tersebut pastinya anda sudah membayangkan materi-materi apa saja yang dipelajari dalam elektronika daya. Elektronika daya lebih cenderung ke teknik listrik, akan tetapi masih masuk dalam ruang lingkup elektronika. Jadi sangat penting untuk mempelajari materi yang satu ini.

Beberapa pihak berpendapat bahwa definisi elektronika daya adalah sebuah aplikasi elektronika yang titik beratnya terdapat pada pengaturan peralatan listrik yang memiliki daya besar dengan cara melakukan perubahan terhadap parameter-parameter listrik seperti arus, daya, sampai dengan tegangan.

Aplikasi yang dimaksud menggunakan peralatan elektronika berbahan semikonduktor yang berfungsi sebagai saklar atau switching untuk melakukan pengaturan dengan cara mengubah tipe sumber tegangan, baik dari AC ke AC, AC ke DC, DC ke AC, sampai DC ke DC.

Sekian informasi mengenai definisi dan pengertian elektronika daya. Semoga informasi yang kami bagikan pada artikel ini dapat memberi manfaat sekaligus inspirasi bagi para pembaca, khususnya pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa, dan baca artikel menarik lainnya mengenai pengertian elektronika dasar.

Incoming search terms:

  • pengertian elektronika daya
  • apakah elektronika daya itu
  • definisi elektronika daya
  • pengertian elektonika daya

Leave a reply "Pengertian Elektronika Daya atau Definisinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.