Pengertian Elektronika Digital dan Analog

3486 views

pengertian elektronika digitalPengertian Elektronika Digital dan Analog - Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa menurut ruang lingkupnya, elektronika terbagi menjadi dua jenis, yakni elektronika digital dan elektronika analog. Selain itu juga terdapat elektronika daya, elektronika dasar, dan elektronika industri.

Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk fokus melihat informasi seputar elektronika digital dan elektronika analog. Dua macam sistem elektronika tersebut sangat erat kaitannya dengan teori dasar elektronika dan praktek pembuatan rangkaian elektronika.

Nah, bagi anda yang memutuskan untuk memperdalam wawasan seputar elektronika, maka anda harus tahu dan menguasai materi mengenai elektronika digital dan analog. Berikut ini adalah penjelasan mengenai dua sistem elektronika tersebut secara lengkap untuk anda para pembaca setia belajarelektronika.net.

Pengertian Elektronika Digital

Elektronika digital adalah bagian ilmu elektronika yang mempelajari tentang pemrosesan sinyal digital atau bisa disebut juga sinyal diskrit. Bagian elektronika yang dipelajari dimulai dari materi mengenai gerbang logika dasar sampai dengan sistem pemrosesan sinyal digital atau sinyal diskrit.

Sinyal digital berupa sinyal logic Low (0) dan logic High (1) yang bersifat terputus putus. Selain itu, elektronika digital merupakan aplikasi dari teori bilangan aljabar boolean yang digunakan dalam berbagai teknologi elektronik seperti komputer, telepon, serta perangkat elektronik canggih lainnya.

Pengertian Elektronika Analog

Elektronika analog adalah cabang ilmu elektronika yang fokus mempelajari fungsi dan sistem analog yang berkaitan dengan sinyal kontinyu atau sinyal analog. Pada elektronika analog, materi yang dipelajari berhubungan dengan pengolahan atau pemrosesan sinyal sinusoida atau sinyal analog itu sendiri.

Ada beberapa hal yang membuat elektronika digital dan analog menjadi berbeda selain jenis sinyal yang diproses. Banyak pihak yang beranggapan bahwa elektronika digital dianggap lebih canggih dibanding dengan sinyal analog. Elektronika digital mampu mengirim data dalam jumlah yang lebih banyak dan stabil.

Namun kelemahan dari elektronika digital terletak pada segmen peralatannya yang kadang membutuhkan banyak energi sehingga memakan biaya yang lebih mahal. Sekian informasi mengenai pengertian elektronika digital dan analog. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai pengertian komponen elektronika.

Incoming search terms:

  • pengertian elektronika analog dan digital
  • pengertian elektronika digital
  • perbedaan elektronika analog dan digital
  • pengertian elektronika analog
  • Materi elektronika analog
  • elektronik analog
  • pengertian digital dan analog
  • perbedaan elektronika digital dan analog
  • peegertian elektronika digital beseta contohnya
  • pengertian analog dan digital

Leave a reply "Pengertian Elektronika Digital dan Analog"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.