Pengertian Frekuensi, Getaran, Gelombang, dan Amplitudo

460 views

Pengertian Frekuensi, Getaran, Gelombang, dan Amplitudo – Saat menduduki bangku sekolah, pastinya anda pernah dihadapkan dengan matapelajaran Fisika yang membahas materi mengenai frekuensi, getaran, gelombang, dan juga amplitudo. Ternyata materi tersebut juga sangat erat kaitannya dengan dunia elektronika.

Jika anda hobi bermain radio amatir atau HT, pasti akan sangat dekat dengan istilah frekwensi. Sama halnya jika anda bergelut di dunia audio dan transmisi sinyal, pasti akan sering mendengar istilah getaran, gelombang, amplitudo, dan lain sebagainya. Tapi tahukah anda sebenarnya apa definisi dari istilah-istilah tadi?

Nah, buat anda yang belum tahu apa itu frekuensi, getaran, gelombang, dan juga amplitudo, kali ini situs belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk mencari tahu. Oke, tak usah berlama-lama lagi langsung saja simak info mengenai definisi frekwensi, getaran, gelombang, dan juga amplitudo berikut ini.

Pengertian Frekuensi

Frekuensi adalah jumlah atau banyaknya getaran yang terjadi dalam kurun waktu satu detik. Satuan untuk frekuensi ini adalah Hertz atau Hz. Frekuensi dapat dirumuskan sebagai f = N/t dimana N adalah jumlah getaran, dan t adalah waktu. Jadi bisa disimpulkan bahwa jumlah frenkuensi adalah jumlah getaran dibagi dengan jumlah waktu.

Pengertian Getaran

Getaran adalah suatu gerak bolak-balik yang berada di sekitar kesetimbangan. Kesetimbangan yang dimaksud di sini adalah keadaan di mana suatu benda pada posisi diam apabila tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Getaran ini sangat erat kaitannya dengan frekuensi dan juga amplitudo. Satu kali gerak bolak-balik penuh sama dengan satu getaran frekuensi.

Pengertian Gelombang

Gelombang adalah getaran yang merambat. Idealnya gelombang akan mengikuti gerak sinusoide. Gelombang bisa berjalan melewati ruang hampa udara dan bisa juga pada medium, di mana mereka dapat bergerak serta dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempatyang  lain tanpa harus mengakibatkan partikel medium berpindah permanen.

Baca juga : Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal

Pengertian Amplitudo

Amplitudo adalah simpangan maksimal atau maksimum yang terjadi pada peristiwa getaran. Amplitudo dilambangkan dengan simbol huruf A dan satuannya adalah meter (m). Selain itu amplitudo juga dapat didefinisikan sebagai jarak terjauh simpangan dari titik keseimbangan.

Selain frekuensi, getaran, gelombang, dan juga amplitudo, ada satu istilah lain yang erat kaitannya dengan istilah-istilah tadi yakni periode. Periode adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu kali getaran. Oke, semoga sedikit informasi mengenai pengertian frekuensi, getaran, gelombang, dan amplitudo tadi bermanfaat. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • definisi frekwensi gelombang
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.