Pengertian, Fungsi, dan Aplikasi PLC

4462 views

pengertian fungsi aplikasi plcPengertian, Fungsi, dan Aplikasi PLC - Sebelumnya banyak yang bertanya sebenarnya apa itu PLC? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini Belajar Elektronika akan berbagi sedikit informasi mengenai pengertian PLC, apa saja fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya. Penasaran? Simak baik-baik ulasan Belajar Elektronika berikut ini.

Sebelumnya anda perlu tahu bahwa PLC adalah kependekan dari Programmable Logic Controller. Ada banyak sekali jenis PLC yang ada saat ini. Selain itu brand-brand yang memproduksi PLC kian hari juga kian banyak, mulai dari Omron, Samsung, sampai dengan Siemens. Mayoritas brand tersebut juga merupakan produsen dari barang-barang elektronik.

Sekedar bocoran saja, bahwa sistem otomasi yang ada di dunia industri banyak yang menggunakan PLC sebagai otaknya. Tak hanya itu saja, PLC juga banyak digunakan di beberapa sektor lain seperti pengatur nyala dan mati lampu rambu-rambu lalu lintas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian PLC

PLC adalah suatu alat yang digunakan untuk menggantikan fungsi sederetan rangkaian relai yang ada pada sistem kontrol proses konvensional. LPC ini juga bisa disebuat sebagai rangkaian relay dengan bentuk compact. Dalam dunia industri, PLC banyak digunakan untuk kegiatan otomasi seperti proses pengepakan, penanganan bahan, sampai dengan perakitan otomatis.

Fungsi PLC

Saat anda belajar PLC, maka anda harus tahu dasar dasar PLC termasuk fungsinya. Sebenarnya jika anda tahu, sebenarnya fungsi PLC adalah tak terbatas, tergantung dari si pemakai PLC itu sendiri. Namun dalam prakteknya, fungsi PLC dapat dibagi menjadi dua, yakni fungsi umum dan fungsi khusus.

1. Fungsi Umum

Secara umum, PLC memiliki dua fungsi, yakni sebagai kontrol sekuensial dan monitoring plant. Fungsi kontrol sekuensial dapat diartikan sebagai penjagaan agar semua step atau langkah dalam proses sekuensial (pemrosesan input sinyal biner menjadi output) berlangsung dalam urutan yang benar dan tepat.

Sedangkan fungsi monitoring plant dapat diartikan sebagai proses memantau sebuah sistem (seperti temperatur, tekanan, tingkat ketinggian), lalu mengambil tindakan yang dibutuhkan sehubungan dengan proses yang telah dikontrol tadi, misalnya nilai sudah melebihi batas, atau menampilkan pesan tersebut ke operator agar mendapatkan tindak lanjut yang tepat.

Baca juga : Harga PLC Omron Terbaru

2. Fungsi Khusus

PLC memiliki fungsi khusus, yakni memberikan masukan atau input ke CNC (Computerized Numerical Control) untuk kepentingan pemrosesan lebih lanjut. Perlu diketahui bahwa CNC memiliki ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan dengan PLC. CNC biasanya digunakan untuk proses finishing, membentuk benda kerja, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi PLC

Seperti yang kita ketahui bahwa cara kerja PLC adalah dengan cara mengamati masukan (melalui sensor-sensor yang ada), kemudian melakukan pengolahan serta tindakan yang sesuai degan kebutuhan, seperti menghidupkan atau mematikan keluarannya. Berdasarkan prinsip kerja PLC tersebut, berikut adalah beberapa aplikasi PLC dalam kehidupan sehati-hari.

  • Pengatur nyala lampu lalu lintas
  • Kontrol kualitas benda berdasarkan besar kecilnya
  • Alat bantu pengepakan di pabrik
  • Perakitan sebuah barang secara otomatis
  • Dll.

Demikian informasi singkat mengenai pengertian, fungsi, dan aplikasi PLC. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel menarik ini kepada teman-teman anda.

Incoming search terms:

  • arti inverter
  • pengertian plc
  • fungsi plc
  • pengertian PLC dan aplikasinya
  • kegunaan plc
  • aplikasi plc untuk apa
  • aplikasi plc
  • artikel plc
  • pengertian plc dan fungsinya
  • fungsi bagi PLC

Leave a reply "Pengertian, Fungsi, dan Aplikasi PLC"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.