Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja IC Regulator

3711 views

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja IC Regulator – Para teknisi elektronia tentunya harus tahu apa itu voltage regulator. Ya, voltage regulator atau dalam bahasa Indonesianya pengatur tegangan merupakan rangkaian elektronika yang berfungsi mempertahankan atau memastikan tegangan pada nilai tertentu secara otomatis.

Rangkaian voltage regulator bisa ditemukan di berbagai jenis adaptor untuk alat-alat elektronik seperti smartphone, notebook, konsol game, dan masih banyak lagi yang lainnya. Rangkaian voltage regulator membuat tegangan stabil bebas dari segala jenis gangguan seperti noise ataupun fluktuasi (naik turun).

Tentunya tegangan yang stabil dan bebas gangguan tersebut sangat dibutuhkan untuk mengoperasikan peralatan elektronik yang berbasis digital seperi mikroprosesor ataupun mikrokontrol. Tegangan output yang ada pada voltage regulator tidak dipengaruhi oleh perubahan tegangan input, beban, maupun suhu.

IC Regulator pada Voltage Regulator

Secara umum terdapat beberapa jenis rangkaian voltage regulator, dan salah satunya menggunakan IC regulator seperti IC 7805. IC tersebut merupakan jenis IC regulator yang memiliki kemampuan mengatur tegangan output stabil berada di angka 5 volt. Selain itu ada beberapa jenis IC regulator lain seperti 7809, 7812, 7905, 7912, dan lain-lain.

Jika dilihat dari bentuk atau terminalnya, terdapat dua jenis IC regulator yakni IC regulator 3 terminal dan 5 terminal. Sedangkan jika dilihat dari fungsi khususnya terdapat tiga jenis IC regulator yakni Fixed Voltage Regulator, Adjustable Voltage Regulator, dan juga Switching Voltage Regulator. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Fixed Voltage Regulator

Melihat namanya saja tentu anda sudah tahu apa itu Fixed Voltage Regulator. Ya, Fixed Voltage Regulator adalah jenis IC regulator tetap atau pengatur tegangan tetap. Batas output tegangan yang dihasilkan oleh IC nilanya tetap. Contoh IC 7805 memiliki batas nilai output 5 volt dan tidak bisa dibuah-ubah lagi.

Fixed Voltage Regulator dibedakan menjadi dua jenis yakni Positive Voltage Regulator dan Negative Voltage Regulator. Contoh dari Positive Voltage Regulator adalah IC 78xx. Nilai yang ada di belakang tipe IC atau nilai xx menunjukkan batas nilai tegangan IC tersebut. Misal 7805 punya batas nilai 5 volt, 7809 punya batas 9 volt, dan 7812 punya batas 12 volt.

Baca juga : Rangkaian Timer dengan IC 555

Sedangkan contoh Negative Voltage Regulator adalah IC tipe 79xx seperti 7905 dan 7912. Sebenarnya Positive Voltage Regulator dan Negative Voltage Regulator punya fungsi sama. Yang membedakan antara dua jenis IC fixed regulator tersebut hanyalah polaritas yang ada pada tegangan outputnya.

2. Adjustable Voltage Regulator

Jenis IC regulator yang kedua adalah Adjustable Voltage Regulator. IC jenis ini memiliki range nilai tegangan output sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sama seperti Fixed Voltage Regulator, Adjustable Voltage Regulator juga dibagi menjadi dua jenis yakni Positive Adjustable Voltage Regulator dan Negative Adjustable Voltage Regulator.

Contoh dari IC Positive Adjustable Voltage Regulator ini adalah LM317 yang memiliki range output tegangan 1,2 volt sampai dengan 37 volt. Sedangkan contoh IC Negative Adjustable Voltage Regulator adalah LM337 yang juga memiliki range output tegangan sama, yakni 1,2 volt sampai dengan 37 volt.

Baca juga : Kumpulan Datasheet IC 74xx

3. Switching Voltage Regulator

IC regulator yang ketiga adalah Switching Voltage Regulator. IC jenis ini sedikit berbeda dibandingkan dengan dua jenis IC sebelumnya baik dari segi konstruksi maupun cara kerjanya. Switching Voltage Regulator punya kemampuannya dapat mengalihkan penyediaan energi listrik ke medan magnet yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik, sehingga harus ditambah dengan induktor.

Untuk urusan efisiensi, pemakaian energi Switching Voltage Regulator lebih baik dibandingkan dengan dua IC regulator sebelumnya. Dalam IC Switching Voltage Regulator. Nah, itulah tadi penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja IC regulator. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • fungsi regulator
  • fungsi ic regulator
  • ic regulator
  • pengertian regulator
  • servis elektronik untuk pemula
  • macam macam ic regulator
  • jenis ic regulator
  • cara kerja IC regulator
  • cara kerja ic
  • fungsi dari regulator
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.