Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Inverter

5084 views

pengertian fungsi cara kerja inverterPengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Inverter - Jika anda seorang teknisi elektronika dan listrik, pastinya sudah sering mendengar istilah inverter. Namun tahukah anda apa yang dimaksud dengan inverter? Banyak orang mengatakan kata inverter, namun sebenarnya tidak tahu apa artinya.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua untuk melihat lebih dalam mengenai apa itu inverter, apa fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya. Alat yang satu ini banyak digunakan dalam industri karena memiliki kemampuan mangubah arus DC menjadi arus AC.

Nah, dari pada anda terus penasaran dan bertanya-tanya mengenai apa itu inverter, apa saja fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya, langsung saja silahkan simak baik-baik ulasan terbaru dari Belajar Elektronika berikut ini. Ulasan ini ditujukan buat anda yang ingin benar-benar memahami alat yang bernama inverter.

Pengertian Inverter

Inverter adalah suatu rangkaian elektronika daya yang digunakan untuk mengkonversi atau mengubah tegangan searah (DC) menjadi tegangan bolak-balik (AC). Inverter merupakan kebalikan dari converter (adaptor) yang memiliki fungsi mengubah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC).

Saat ini terdapat beberapa tipologi  inverter, mulai dari inverter yang hanya menghasilkan tegangan bolak-balik saja (push-pull inverter), sampai dengan inverter yang mampu menghasilkan tegangan sinus murni tanpa harmonisasi. Selain itu inverter juga bisa diklasifikasikan menjadi beberapa bagian berdasarnya fasanya, mulai dari satu fasa, tiga fasa, sampai dengan multifasa.

Fungsi Inverter

Seperti yang telah dikatakan tadi, inverter memiliki fungsi mengubah tegangan searah (DC) menjadi tegangan bolak-balik (AC). Perubahan tersebut dilakukan dengan mengubah kecepatan motor AC dengan cara mangubah frekuensi outputnya. Jadi bisa dibilang inverter ini multifungsi, dapat mengubah arus AC ke DC, lalu mengembalikannya lagi ke AC.

Inverter banyak digunakan pada bidang otomatisasi industri. Pengaplikasian inverter biasanya terpasang di proses linear (parameter yang bisa diubah-ubah). Linear yang dimaksud memiliki bentuk seperti grafik sinus, atau untuk sistem axis (servo) yang membutuhkan atau memerlukan putaran yang presisi.

Cara Kerja Inverter

Cara kerja inverter ini sebenarnya dilakukan dengan cara mengubah input motor listrik AC menjadi DC, yang kemudian dibuah lagi menjadi AC dengan frekuensi yang dikehendaki, sehingga motor listrik tersebut dapat dikontrol atau dikendalikan sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

Baca juga : Rangkaian Inverter Sederhana

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa teknik kendali yang dapat digunakan agar inverter dapat menghasilkan sinyal sinusoidal. Salah satunya adalah dengan mengatur keterlambatan sudut penyalaan inverter di tiap-tiap lengannya. Cara paling umum yanng biasa digunakan adalah modulasi lebar pulsa (PWM).

Demikian informasi singkat mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja inverter. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi kita semua, khususnya pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara kerja inverter
  • pengertian inverter
  • fungsi inverter
  • prinsip kerja inverter
  • rangkaian inverter dan fungsinya
  • cara kerja inventer
  • fungsi inverter pada motor
  • fungsi inveter
  • fungsi komponen inverter
  • prinsip inverter

Leave a reply "Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Inverter"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.