Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Baterai yang Ada Saat Ini

1044 views

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Baterai yang Ada Saat Ini – Pasti anda semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya baterai bukan? Ya, baterai merupakan sebuah alat atau benda yang dapat digunakan untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Kita bisa dengan mudah menjumpai benda yang bernama baterai dalam kehidupan sehari-hari.

Di era teknologi ini, keberadaan baterai sangat erat dalam kehidupan manusia. Misal di smartphone yang kita gunakan terdapat baterai, di jam dinding yang kita miliki terdapat baterai, remote TV juga memerlukan baterai, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika kita amati, masing-masing baterai memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Wajar saja memang karena ada banyak sekali jenis baterai yang ada di dunia saat ini, mulai dari baterai alkali, baterai lithium, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, pada kesempatan yang sangat bagus ini belajarelektronika.net akan mengajak sobat semua melihat info anyar mengenai pengertian, fungsi, dan juga jenis-jenis baterai.

Pengertian Baterai

Kita mulai dulu dari pengertiannya. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya bahwa baterai adalah sebuah benda yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan oleh baterai ini sama seperti accumulator, yakni listrik searah alias DC. Jumlah listrik yang dihasilkan tergantu seberapa besar baterai tersebut.

Fungsi Baterai

Sedangkan fungsi baterai dalam kehidupan sehari-hari sangat bermacam-macam. Hampir semua alat elektronik yang sifatnya mobile perlu baterai sebagai supplay energi. Sebut saja HP, remote TV, senter, power bank, drone, dan lain sebagainya. Semua alat-alat tersebut membutuhkan baterai agar bisa bekerja.

Jenis-jenis Baterai

Sampai tahun 2018 ini tercatat ada beberapa jenis baterai yang bisa kita temukan di pasaran. Namun dari banyaknya jenis baterai tersebut, bisa dikategorikan menjadi dua macam. Yang pertama adalah baterai primer, dan yang kedua adalah baterai sekunder. Baterai primer bisa dibilang sebagai baterai sekali pakai. Sedangkan baterai sekunder adalah baterai yang bisa dicharge.

Yang termasuk golong baterai primer adalah baterai jenis Zinc-Carbon, Alkali, Lithium, dan Silver Oxide. Harga baterai primer ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan baterai sekunder. Sedangkan yang termasuk baterai sekunder adalah baterai jenis Ni-Cd, Ni-MH, dan juga Li-ion. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis baterai tersebut.

Macam-macam Baterai Primer :

1. Baterai Zinc-Carbon

Jenis baterai primer yang pertama adalah baterai Zinc Carbon alias baterai Seng Karbon. Baterai yang satu ini juga kerap disebut dengan baterai Heavy Duty. Baterai jenis ini bisa dijumpai dengan mudah di toko-toko maupun supermarket. Biasanya baterai Zinc Carbon dijual dengan harga yang lebih murah dibanding jenis baterai yang lain.

2. Baterai Alkali

Selanjutnya ada baterai Alkali alias baterai Alkaline. Baterai ini juga termasuk dalah satu jenis baterai primer karena tidak bisa diisi ulang. Sebenarnya baterai ini hampir sama seperti baterai Seng Karbon, hanya saja daya tahannya lebih lama karena menggunakan elektrolit dari bahan Potassium hydroxide, yang juga merupakan Zat Alkali (Alkaline).

3. Baterai Lithium

Ada satu jenis baterai primer yang memiliki kualitas lebih bagus dibanding dengan dua jenis baterai sebelumnya, yakni baterai Lithium. Baterai Lithium ini punya kinerja yang lebih baik. Selain itu baterai Lithium bisa disimpan dalam waktu lebih dari 10 tahun. Biasanya baterai Lihium memiliki bentuk bulat pilih seperti koin.

4. Baterai Silver Oxide

Satu lagi jenis baterai primer yang biasa anda jumpai di pasaran, yakni baterai silver oxide. Baterai jenis ini relatif lebih mahal dibandingkan jenis baterai yang lain karena materialnya yang terbuat dari silver atau perak juga relatif mahal. Baterai jenis ini punya kekuatan tinggi meski bentuknya kecil dan ringan.

Baca juga : Cara Mengganti Baterai Tablet PC Sendiri

Macam-macam Baterai Sekunder :

1. Baterai Ni-Cd

Baterai sekunder yang pertama adalah baterai Ni-Cd atau singkatan dari NIcket-Cadmium. Baterai jenis ini dapat diisi ulang karena menggunakan material elektrolit Nickel Oxide Hydroxide dan Metallic Cadmium. Sayangnya baterai jenis ini mengancung bahan beracun berupa Carcinogenic Cadmium yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan.

2. Baterai Ni-MH

Selanjutnya ada baterai sekunder Ni-MH atau singkatan dari Nickel-Metal Hydride. Baterai jenis ini memiliki kapasitas yang lebih besar sekitar 30% dibanding dengan baterai Ni-Cd. Selain itu baterai jenis ini bisa dilakukan isi ulang hingga ratusan kali sehingga menghemat biaya dibanding menggunakan baterai primer.

3. Baterai Li-ion

Satu lagi jenis baterai sekunder yang sangat terkenal yakni baterai Li-ion. Baterai jenis inilah yang saat ini digunakan di berbagai macam peralatan elektronika mulai dari smartphone, kamera, sampai dengan laptop. Kelebihan dari jenis baterai ini adalah memiliki bobot yang ringan serta kapasitas yang besar.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan jenis jenis baterai yang ada saat ini. Semoga informasi tadi bisa menambah wawasan anda di dunia elektronika, terutama seputar macam-macam baterai. Silahkan share jika memang informasi ini dirasa bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang.

Incoming search terms:

  • definisi Fungsi dan jenis baterai HP
  • jenis baterai hp dan fungsinya
  • macam macam baterai
  • pemgertian baterai
  • pengertian baterai
  • pengertian batrai skunder
  • pengertian dari baterai
  • penjelasan batrey -
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.