Pengertian, Fungsi, Jenis UPS dan Stabilizer Komputer

1293 views

Pengertian, Fungsi, Jenis UPS dan Stabilizer Komputer – Sebagian besar dari anda tentu pernah mendengar istilah UPS dan stabilizer bukan? Namun tahukah anda sebenarnya apa itu UPS dan stabilizer, serta apa fungsi dari alat tersebut? Jika belum, maka kita cari tahu bersama-sama.

Sebelum itu anda perlu tahu bahwa alat bernama UPS dan juga stabilizer banyak ditemukan satu paket dengan perangkat dengan komputer. UPS sendiri merupakan singkatan dari uninterruptible power supply yang dapat membackup energi listrik untuk komputer.

Jadi pada saat listrik utama padam, komputer bisa tetap menyala karena disuplay oleh energi listrik yang telah disimpan oleh UPS. Lantas apa itu stabilizer? Stabilizer alias stavolt adalah alat yang dapat digunakan untuk menjaga tegangan dan arus listrik agar tetap stabil. Berikut ulasan lengkap mengenai UPS dan stabilizer.

Pengertian, Fungsi, dan Jenis UPS

Seperti yang telah kami katakan tadi bahwa UPS adalah singakatan dari uninterruptible power supply. UPS sendiri merupakan sebuah alat yang memiliki kemampuan menyimpan energi listrik, dan energi listrik tersebut bisa digunakan pada saat listrik utama padam.

UPS biasanya digunakan satu paket dengan komputer. Jadi saat listrik utama yang digunakan untuk menghidupkan komputer padam, maka listrik yang telah disimpan di UPS langsung bisa disuplay sehingga komputer tetap nyala dan dapat digunakan. Dalam UPS terdapat baterai yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan energi listrik.

Salah satu fungsi UPS ini adalah menjaga agar tidak ada data komputer yang hilang saat listrik tiba-tiba padam. Ada dua mode saat menggunakan UPS. Mode pertama adalah standby, yakni ketika listrik hidup UPS akan menyimpan energi listrik sejumlah kapasitas baterai yang dimilikinya.

Sedangkan mode kedua adalah mode online, yakni saat listrik padam dan UPS tidak mendapat suplay energi listrik, maka secara otomatis UPS akan menyala dan memberikan suplay energi listrik ke komputer. Jenis UPS sangat bermacam-macam, mulai dari yang kecil untuk skala rumahan, sampai yang besar untuk skala industri.

Harga masing-masing UPS pun juga beragam mulai dari yang paling murah senilai ratusan ribu, hingga yang paling mahal mencapai ratusan juta. Namun secara umum fungsi UPS baik yang murah maupun yang mahal adalah sama, yakni sebagai cadangan listrik dikala listrik utama padam.

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Stabilizer

Tak sedikit orang yang mengira kalau UPS dan stabilizer adalah alat yang sama. Padahal sebenarnya tidak. Stabilizer atau yang juga sering disebut dengan stavolt adalah alat yang digunakan untuk menstabilkan tegangan arus yang masuk ke komputer. Sebenarnya alat ini tak hanya bisa digunakan untuk komputer, namun juga alat elektronik lainnya.

Yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa kita harus menggunakan stabilizer dan untuk apa arus tegangan listrik harus distabilkan? Seperti yang kita ketahui bersama bahwa komponen elektronik seperti kapasitor, transistor, dan kawan-kawannya sangat rawan terhadap tegangan dan arus yang tidak stabil.

Dengan menggunakan stabilizer, kita dapat meminimalisir terjadinya kerusakan komponen elektronik akibat tegangan arus yang tidak stabil. Dengan begitu umur alat-alat elektronik mulai dari televisi, radio, hingga komputer akan lebih awet dan punya umur pandang.

Baca juga : Jual PLC Segala Merk Baru dan Bekas

Jenis stabilizer juga sangat bermacam-macam, mulai dari yang paling kecil untuk skala rumahan, hingga yang paling besar untuk skala industri. Brand dan harganya juga bervariasi. Semakin mahal stabilizer biasanya punya kualitas yang lebih baik, walaupun tidak ada jaminannya.

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai pengertian, fungsi, jenis UPS dan stabilizer. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat, khusus bagi anda yang sedang mencari tahu apa itu UPS dan stabilizer. Kami akan sangat senang jika anda mau share informasi ini. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • Pengertian Stabilizer
  • apa yg dimaksud dengan stabilizer
  • pengertian dan fungsi stabilizer komputer
  • perbedaan stabilizer dan ups
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.