Pengertian Komponen Elektronika Aktif dan Pasif

1395 views

pengertian komponen elektronikaPengertian Komponen Elektronika Aktif dan Pasif - Dalam dunia elektronika kita mengenal yang namanya komponen elektronika seperti resistor, kapasitor, transistor, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua orang yang berkecimpung di dunia elektronika pastinya sudah tahu tentang komponen elektronika.

Namun anehnya tak sedikit dari mereka yang masih bingung mendefinisikan apa itu komponen elektronika. Ya, tidak usah dipungkiri lagi bahwa memang sebagian besar teknisi elektronika mahir praktek namun kurang menguasai teori. Sebagian lain justru sebaliknya. Padahal kedua aspek tersebut harus dipelajari dengan seimbang.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai macam-macam rangkaian elektronika, dan pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan kembali menjelaskan mengenai pengertian komponen elektronika baik yang aktif maupun yang pasif untuk menjawab rasa penasaran anda semua. Langsung saja berikut informasi lengkapnya.

Pengertian Komponen Elektronika

Komponen elektronika adalah suatu alat berupa benda yang menjadi bagian pendukung atau bagian utama dari suatu rangkaian elektronik, dimana bagian tersebut dapat bekerja sesuai dengan kegunaannya. Dari pernyataan tersebut bisa didapatkan penjelasan bahwa setiap komponen elektronika memiliki kegunaan masing-masing.

Perlu diketahui bahwa komponen elektronika terdiri atas dua jenis, yakni komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif. Dua jenis komponen tersebut selalu ada dalam sebuah rangkaian elektronika, baik yang rumit maupun yang sederhana sekalipun. Yang membedakan dua jenis komponen tersebut adalah cara kerjanya.

Pengertian Komponen Elektronika Aktif

Komponen elektronika aktif adalah jenis komponen elektronika yang mempunyai penguatan atau mengarahkan aliran arus listrik dalam penggunaannya pada sebuah rangkaian elektronika. Macam-macam komponen elektronika aktif terdiri dari transistor, dioda, dan tabung vakum.

Pengertian Komponen Elektronika Pasif

Komponen elektronika pasif adalah kebalikan dari komponen elektronika aktif, dimana komponen tersebut tidak memiliki penguatan atau mengarahkan arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Dengan kata lain komponen yang dalam penggunaannya tidak mempengaruhi arus listrik. Contoh komponen elektronika pasif adalah resistor, kapasitor atau kondensator, induktor, dan transformator.

Sekian informasi mengenai pengertian komponen elektronika aktif dan pasif. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Anda bisa membaca informasi lain mengenai komponen elektronika melalui link semua tentang komponen elektronika.

Incoming search terms:

  • cara merakit genset listrik pakai mesin mobil
  • pengertian komponen aktif dan pasif dari berbagai ahli
  • pengertian komponen pasif menurut para ahli

Leave a reply "Pengertian Komponen Elektronika Aktif dan Pasif"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.