Pengertian Korsleting Listrik, Penyebab dan Cara Mengatasinya

9242 views

pengertian dan penyebab korsletingPengertian Korsleting Listrik, Penyebab dan Cara Mengatasinya - Saat anda mendengar berita-berita televisi pastinya pernah mendengar pembawa berita mengatakan bahwa sebuah rumah terbakar akibat korsleting listrik bukan? Pertanyaann sebenarnya apa itu korsleting listrik?

Jangan sampai anda mengatakan kata-kata korsleting listrik namun tidak tahu artinya. Oleh karena untuk menjawab rasa ingin tahu anda, kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat sedikit informasi mengenai pengertian korsleting listrik, penyebab korsleting listrik, dan bagaimana cara mengatasinya.

Pengertian Korsleting Listrik

Konsleting listrik atau korsleting listrik adalah hubungan tahanan listrik yang sangat kecil, sehingga mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar, apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan terjadinya ledakan dan kebakaran. Dalam hal ini, penghantar atau kabel yang bertegangan tersambung secara langsung ke penghantar netral.

Penyebab Korsleting Listrik

Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab terjadinya korsleting listrik yang mengakibatkan terjadi kebakaran ataupun masalah berbahaya lainnya. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah karena kabel listrik mengelupas dan menyebabkan saluran bertegangan menempel ke saluran netral.

Selain itu korsleting juga bisa disebabkan karena kelalaian manusia, Misal saat menyambungkan kabel tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu penumpukan beban yang berlebihan pada sebuah saluran listrik juga dapat menyebabkan terjadinya hubungan singkat atau korsleting listrik.

Cara Mengatasi Korsleting Listrik

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah maupun mengatasi korsleting listrik di rumah agar tidak terjadi kebakaran dan bahaya-bahaya lain yang tidak diinginkan. Cara atau tips ini mudah dilakukan dan tidak perlu keluar biasa mahal. Oke, langsung saja berikut informasi lengkapnya.

  1. Hindari mengotak-atik atau menyambungkan secara langsung peralatan pengaman baik sekring ataupun mini circuit breker (MCB)
  2. Jangan biasakan menumpung stop kontak dalam satu sumber listrik karena berpotensi menimbulkan panas dan percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran
  3. Periksa kabel listrik secara rutin, dan apabila ada yang terkelupas segera atasi dengan cara memberinya isolasi ataupun menggantinya, karena akan sangat berbahaya apabila kabel tersebut menempel
  4. Jauhkan anak-anak dari jangkauan listrik atau benda-benda yang memiliki aliran listrik
  5. Biasakan menggunakan alat-alat listrik yang berkualitas mulai dari kabel, stop kontak, dan lainnya. Jangan mudah tertipu dengan harga yang murah
  6. Hindari menggunakan tusuk kontak yang terlalu lebar
  7. Jangan biarkan peralatan-peralatan elektronik dalam rumah anda terlalu lama menempel pada listrik dengan tusuk kontak
  8. Periksa listrik secara berkala, dan serahkan urusan listrik kepada yang berwenang, kecuali memang anda mahir dalam hal listrik

Demikian sedikit informasi mengenai pengertian korsleting listrik, penyebab dan cara mengatasinya. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan inspirasi khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net di manapun anda berada. Sampai jumpa di ulasan yang tak kalah menarik berikutnya.

Incoming search terms:

  • pengertian korsleting listrik
  • penyebab korsleting listrik
  • penyebab konsleting listrik
  • penyebab korslet listrik
  • penyebab korsleting
  • korsleting terjadi apabila
  • pengertian konsleting
  • bahaya korsleting listrik
  • penyebab konsleting
  • konsleting

Leave a reply "Pengertian Korsleting Listrik, Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.