Pengertian Noise dan Jenis-jenis Noise

717 views

Pengertian Noise dan Jenis-jenis Noise – Bagi anda yang bergelut di bidang elektronika, khususnya per-audio-an tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah “noise”. Ya, noise atau yang dalam bahasa Indonesia derau adalah sinyal-sinyal yang tidak diinginkan dalam sebuah sistem informasi maupun komunikasi.

Noise bisa dibilang sebagai suatu masalah yang sangat dibenci karena dapat mengganggu kualitas penerimaan sinyal dan juga reproduksi sinyal yang akan dipancarkan. Tak hanya itu saja, noise juga bisa membatasi jangkauan sistem pada daya pancaran tertentu, serta dapat mempengaruhi sensitivitas maupun kepekaan sinyal penerimaan.

Bahkan di beberapa kasus, noise atau derau juga bisa mengakibatkan pengurangan bandwidth yang ada pada suatu sistem. Tentu kita semua pernah merasakan betapa mengganggunya efek noise. Misal saat mendengarkan radio muncul suara mendesis pada loudspeaker akibat noise.

Pengertian Noise

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, noise adalah sinyal-sinyal yang tidak diinginkan dalam sebuah sistem informasi maupun komunikasi. Noise tak hanya bisa mempengaruhi kualitas audio. Noise juga bisa menyebabkan gambar pada televisi jadi tidak bersih atau muncul titik-titik salju.

Baca juga : Pengertian Frekuensi, Gelombang, dan Amplitudo

Jenis Jenis Noise

Mungkin sebagian besar dari anda belum tahu bahwa ada beberapa jenis noise. Masing-masing jenis noise memberikan dampak atau efek yang berbeda-beda. Setidaknya noise terbagi menjadi dua kategori utama, yakni noise internal dan juga noise eksternal. Berikut kami berikan ulasan lengkapnya.

Noise Internal

Noise internal adalah jenis noise yang ditimbulkan oleh komponen-komponen internal yang ada pada sebuah sistem komunikasi ataupun rangkaian elektronika. Noise jenis ini dibagi menjadi empat kategori yakni thermal noise, shot noise, transit time noise, dan juga flicker noise.

Noise Eksternal

Sedangkan noise eksternal adalah jenis noise yang ditimbulkan oleh faktor yang ada pada luar sistem. Jadi noise eksternal tidak disebabkan karena komponen-komponen yang ada di dalam sistem. Noise jenis ini dibagi menjadi dua macam yakni atmospheric noise dan juga industrial noise.

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai pengertian dan jenis-jenis noise yang sangat penting kita pelajari, terutama yang hobi dengan elektronika audio. Semoga dengan adanya informasi tadi bisa menambah wawasan kita semua para teknisi, utamanya agar bisa mengatasi masalah yang berkaitan dengan noise. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • isyilah noise dalam elektronik com
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.