Pengertian Sensor Gaya Strain Gauge dan Load Cell

234 views

Pengertian Sensor Gaya Strain Gauge dan Load Cell – Bicara soal elektronika dan robotik, tentu akan sangat berkaitan erat dengan yang namanya sensor. Saat ini ada banyak sekali jenis sensor yang digunakan dalam dunia elektronika dan robotik, mulai dari sensor gerak, sensor cahaya, sensor suhu, hingga sensor gaya.

Dalam dunia elektronika dan beberapa bidang lain, salah satu sensor gaya yang banyak digunakan ialah strain gauge. Jadi strain gauge adalah alat atau sensor yang berfungsi untuk mengukur suatu tekanan atau berat suatu benda. Alat atau sensor yang satu ini pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuan bernama Edward E. Simmons sekitar tahun 1983.

Prinsip kerja strain gauge memanfaatkan sifat konduktansi elektrik. Gaya yang diberikan pada suatu benda berbahan logam atau material konduktif tidak hanya menimbulkan deformasi bentuk fisik, namun juga dapat menimbulkan perubahan sifat resistansi elektrik pada benda tersebut.

Apa itu Strain Gauge

Seperti yang telah kami katakan tadi bahwa strain gauge adalah sebuah sensor atau alat yang digunakan untuk mengukur gaya atau tekanan suatu benda. Alat atau sensor yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur berat benda. Dalam dunia elektronika. sensor strain gauge banyak digunakan untuk keperluan industri.

Berikut beberapa fungsi atau kegunaan dari strain gauge:

  • Digunakan sebagai pengukur berat badan pada timbangan digital
  • Digunakan untuk pengukur pertambahan retakan pada dinding bangunan
  • Digunakan untuk pengukur ketegangan pada rangkaian jembatan
  • Dan masih banyak lagi yang lain

Secara garis besar, strain gauge dibagi menjadi dua jenis yakni strain gauge terikat atau bonded, dan strain gauge tidak terikat atau unbonded. Perbedaannya jika bonded semua bagiannya terikat pada elemen gaya atau force member. Sedangkan unbonded, hanya satu sudut saja yang terpasang pada elemen gaya atau force member, sedangkan sudut yang lain terpasang pada pengumpul gaya.

Baca juga : Macam-macam Sensor Elektronika dan Fungsinya

Apa itu Load Cell

Lantas apa itu load cell? Load cell atau sel beban adalah sensor yang terdiri dari sebuah strain gauge atau lebih, yang ditempelkan pada batang berbahan logam yang berbentuk cincin. Jumlah strain gauge dalam sebuah load cell sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Strain gauge yang ada pada load cell terbuat dari bahan foil grid.

Foil grid sendiri merupakan kawat tipis berukuran panjang yang disusun secara zig-zag. Load cell terdiri dari beberapa jenis seperti single point, shear beam, compress, model S, hingga double ended. Masing-masing jenis load cell tersebut punya karakteristik, kelebihan serta kekurangan tersendiri.

Semoga di kesempatan yang akan datang belajarelektronika.net bisa mengulas lebih lengkap terkait masing-masing jenis load cell tersebut. Sekian info mengenai pengertian sensor gaya strain gauge dan load cell. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa menambah wawasan anda. Jangan lupa share info ini kepada teman-teman yang lainnya.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.