Pengertian Thermistor NTC dan PTC

326 views

Pengertian Thermistor NTC dan PTC – Seorang teknisi elektronika tentu harus mengetahui berbagai macam komponen elektronika mulai dari namanya, fungsinya, jenisnya, sampai dengan simbol-simbolnya. Mungkin para teknisi elektronika sudah tidak asing lagi dengan komponen dasar seperti resistor, dioda, dan kapasitor.

Namun bagaimana dengan thermistor? Komponen tersebut memang tidak termasuk komponen elektronika dasar karena tidak semua rangkaian elektronika menggunakan komponen yang satu ini. Selain itu komponen thermistor juga jarang kita jumpai di toko-toko komponen elektronika yang biasa-biasa saja.

Oleh karena itu, untuk menambah wawasan anda, belajarelektronika.net akan berbagi sedikit info mengenai komponen thermistor. Ya, akan kami ulas lebih lengkap mengenai apa itu thermistor, bagaimana simbol dan juga jenis-jenisnya. Bagi anda yang ingin kenal lebih jauh dengan komponen thermistor, bisa langsung simak ulasan berikut.

Pengertian Thermistor

Thermistor adalah jenis resistor yang nilai resistansi atau nilai hambatannya dipengaruhi oleh suhu. Sebenarnya istilah thermistor sendiri merupakan singkatan dari thermal resistor yang berarti tahanan yang dipengaruhi oleh suhu atau temperatur. Komponen yang satu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1833 oleh seorang ilmuan asal Inggris bernama Michael Faraday.

Akan tetapi komponen thermistor komersil diperkenalkan oleh ilmuan lain bernama Samuel Ruben pada tahun 1930. Samuel Ruben merupakan seorang ilmuan berkebangsaan Amerika Serikat. Dilihat dari jenisnya, termistor terbagi menjadi dua macam yakni thermistor NTC dan PTC.

Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Jenis Resistor

Thermistor NTC

Thermistor NTC adalah singkatan dari thermistor “Negative Temperature Coefficient”. Thermistor jenis ini nilai resistansinya akan menurun apabila suhu yang berada di sekitar komponen thermistor NTC tersebut tinggi, atau dengan kata lain berbanding terbalik alias negatif.

Thermistor PTC

Sedangkan thermistor PTC adalah singkatan dari “Positive Temperature Coefficient”. Termistor jenis ini nilai resistansinya akan semakin tinggi apabila suhu yang ada di sekitarnya juga tinggi. Dengan kata lain nilai resistansi dan suhu di sekitar berbanding lurus alias positif.

Simbol Thermistor

Berikut ini adalah lambang atau simbol thermistor baik NTC ataupun PTC :

Semoga informasi singkat mengenai pengertian thermistor NTC dan PTC tadi bermanfaat bagi pembaca semua. Kami berharap dengan adanya info tadi bisa menambah wawasan seputar komponen elektronika, terutama thermistor yang notabene tak semua teknisi tahu dan paham dengan komponen tersebut. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • lambang thermistor
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.