Penyearah Gelombang Penuh dan Setengah

9971 views

penyearah gelombangPenyearah Gelombang Penuh dan Setengah - Penyearah gelombang atau rectifier adalah bagian dari sebuah rangkaian power supply yang memiliki fungsi sebagai pengubah sinyal bolak balik atau sinyal AC menjadi sinyal searah atau sinyal DC. Komponen utama yang digunakan dalam penyearah gelombang ini adalah dioda.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa dioda merupakan salah satu komponen dasar yang memang memiliki fungsi sebagai penyearah. Tak heran jika komponen ini menjadi bagian utama dari sebuah rectifier. Prinsip kerja dari komponen dioda adalah melewatkan arus ke satu arah, dan menghambat jalur arus arah lainnya.

Perlu dikehatui bahwa ada beberapa jenis penyearah gelombang, yakni penyearah setengah gelombang atau half wave rectifier, dan penyearah gelombang penuh atau full wave rectifier. Ingin tahu apa perbedaan dari penyearah setengah gelombang dan gelombang penuh? Simak baik-baik ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

Penyearah Setengah Gelombang

Half wave rectifier atau penyearah setengah gelombang adalah penyearah gelombang yang paling sederhana karena menggunakan satu blok dioda (bisa dioda tunggal atau banyak dioda yang diparalel), untuk mengubah tegangan dengan arus AC (bolak-balik) menjadi tegangan dengan arus DC (searah).

gambar penyearah setengah gelombang

Prinsip kerja penyearah yang satu ini adalah dengan memanfaatkan karakteristik yang ada pada dioda dimana hanya bisa dilalui oleh arus satu arah saja. Penyearah ini disebut setengah gelombang karena hanya melewatkan siklus positif dari sinyal AC. Penyearah ini banyak digunakan pada rangkaian power supply berfrekuensi tinggi seperti power supply SMPS.

Kelebihan dari penyearah setengah gelombang adalah rangkaiannya yang sangat simpel dan murah karena hanya menggunakan dioda tunggal. Sedangkan kekurangannya adalah ripplenya yang sangat besar, dan jika digunakan dalam aplikasi frekuensi rendah menjadi tidak halus dan membutuhkan kapasitor yang besar.

Penyearah Gelombang Penuh

Full wave rectifier atau penyearah gelombang penuh adalah penyearah gelombang yang dapat menyearahkan semua siklus gelombang sinus dengan menggunakan dua buah blok dioda yang bekerja secara komplemen. Satu buah dioda bekerja pada fase siklus negatif, dan satunya lagi bekerja pada fase siklus positif.

gambar penyearah gelombang penuh

Prinsip kerja dari penyearah gelombang penuh dibangun dari sebuah transformator CT dengan dua buah dioda. Fungsi transformator CT sebagai penghasil dua buah sinyal sinus dengan fase berkebalikan. Satu lilitan menghasilkan fase yang sama dengan input, sedangkan satu satu lilitan lagi menghasilkan fase yang berkebalikan sinyal input.

Kelebihan dari penyearah gelombang penuh ini adalah outputnya yang halus, stabil, dan efisien karena mengeluarkan seluruh siklus sinyal input AC. Sedangkan kekurangkan dari gelombang penuh adalah rangkaiannya yang lebih sulit dan tentunya biaya yang diperlukan juga lebih besar.

Demikian informasi mengenai penyearah gelombang penuh dan setengah. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman melalui tombol share yang telah disediakan apabila dianggap bermanfaat.

Incoming search terms:

  • penyearah gelombang penuh
  • perbedaan penyearah setengah gelombang dan gelombang penuh
  • Penyearah setengah gelombang
  • rangkaian power supply setengah gelombang
  • rangkaian penyearah swtengah gelombang
  • kelebihan dan kekurangan power supply setengah gelombang dan gelombang penuh
  • jelaskan prinsip kerja penyearah tegangan gelombang penuh
  • japlikasi dioda peyearah gelombang penuh dan setengah
  • skema dioda menghasilkan satu gelombang penuh
  • cara menghitung penyearah gelombang penuh

Leave a reply "Penyearah Gelombang Penuh dan Setengah"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.