Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

3367 views

Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya – Tentu anda semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya AC alias air conditioner. Ya, AC sendiri merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan suhu ruangan. Saat ini sudah banyak rumah yang menggunakan alat elektronik satu ini.

Pada kesempatan sebelumnya belajarelektronika.net telah menjelaskan informasi singkat mengenai cara membuat AC sederhana dari barang-barang bekas. AC sederhana tersebut dapat dijadikan solusi bagi anda yang tak punya budget cukup untuk membeli AC konvensional, namun ingin mendinginkan ruang dengan cara yang efektif.

Selain harganya yang cukup mahal, energi listrik yang diperlukan AC juga cukup banyak. Meskipun saat ini sudah banyak AC dengan fitur hemat energi, namun konsumsi listriknya masih terbilang banyak sehingga memberatkan, utamanya bagi konsumen yang punya rumah dengan daya listrik rendah.

Penyebab AC Tidak Dingin

Sama seperti alat elektronik lain, AC juga bisa rusak kapan saja. Kerusakan yang biasanya sering dialami AC saat ini adalah tidak bisa dingin lagi. Yang jadi pertanyaan, apa yang bisa menyebabkan AC rusak? Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan AC rusak dan tidak bisa dingin lagi.

1. Korsleting Listrik

Salah satu hal yang bisa menyebabkan AC tidak dingin atau rusak adalah karena terjadi korsleting listrik. Seperti yang kita tahu bahwa dalam sebuah AC terdapat banyak sekali kabel dan jalur-jalur PCB rumit. Jika ada kabel yang gandeng, maka tentu akan menyebabkan korsleting sehingg AC rusak.

AC yang rusak tentu tidak akan bisa mendinginkan ruangan. Biasanya korsleting listrik pada AC disebabkan karena ada kabel yang terkelupas dan menempel pada jalur kabel lain. Gigitan tikus juga menjadi salah satu faktor utama mengapa kabel listrik di AC bisa terkelupas.

2. Tegangan Tidak Stabil

Penyebab lain mengapa AC tidak dingin adalah karena tegangan listrik yang tidak stabil. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa listrik di Indonesia naik turun. Sebenarnya hal tersebut tak hanya bisa merusak AC saja, namun alat-alat elektronik lain juga mudah rusak karena hal tersebut.

Tegangan listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan komponen-komponen elektronika yang ada di dalam AC seperti kapasitor menjadi mudah rusak. Jika komponen dalam AC rusak, tentu AC tidak akan bisa mendinginkan ruangan dengan maksimal, atau bahkan tidak bisa bekerja sama sekali.

3. Kotor Karena Banyak Debu

Hal lain yang bisa menyebabkan AC tidak dingin adalah karena kondisinya yang kotor akibat tidak pernah diservice dan dibersihkan. Seperti yang kita tahu bahwa saat AC bekerja dengan menarik dan menyemburkan udara. Tentu udara yang masuk dan keluar menyimpan banyak sekali debu.

Debu-debu tersebut bisa saja menempel pada body AC sehingga menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak lancar. Biasanya debu-debu tersebut menempel pada bagian evaporator indoor maupun kondensor outdoor AC. Banyaknya debu dan kotoran akan membuat AC tidak bisa dingin.

4. Freon Habis

Satu lagi hal lagi yang bisa menyebabkan AC tidak dingin adalah karena tekanan freon yang ada di dalamnya berkurang atau habis. Habisnya tekanan freon juga bisa diakibatkan karena terdapat kebocoran. Kurangan freon sudah pasti menyebabkan AC tidak bisa mendinginkan ruang secara maksimal.

Selain beberapa hal tadi, ada beberapa faktor lain yang membuat AC tidak dingin. Faktor-faktor yang dimaksud diantaranya adalah thermistor rusak, kapasitor yang bocor, hingga kondisi ruang yang kurang memedai seperti terlalu luas. Berikut step by step cara memperbaiki AC yang tidak dingin.

Baca juga : Cara Service AC yang Rusak

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

Sebenarnya cara mengatasi AC yang tidak dingin cukup mudah. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa aliran listrik AC mengalir dengan sempurna. Cek apakah ada kabel power yang putus. Jika semua sudah oke, langkah selanjutnya adalah membersihkan AC.

Bersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada AC secara berkala (3 minggu sekali). Lebih baik lagi jika anda melakukan servis rutin AC. Periksa pula kondisi freon. Pastikan freon tidak habis. Dan yang terakhir adalah pastikan tidak ada komponen AC yang rusak. Lakukan pengecekan dengan menggunakan avometer atau multitester.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya. Semoga ulasan tadi dapat bermanfaat bagi anda semua terutama yang sedang mengalami masalah kerusakan pada AC yang tidak dingin. Silahkan share info ini kepada teman-teman anda melalui tombol sosmed di bawah ini.

Incoming search terms:

  • cara mengatasi ac yang rusak
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.