Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar Kencang atau Cepat

2761 views

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar Kencang atau Cepat – Kipas angin adalah salah satu alat elektronik yang paling penting dan sangat dibutuhkan ketika cuaca sedang panas seperti saat musim kemarau. Kipas angin juga merupakan salah satu alat yang sangat efektif untuk mengusir gerah.

Buat anda yang tinggal di kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta pasti akan sangat akrab dengan yang namanya kipas angin. Pasalnya hawa atau cuaca di kota-kota besar tersebut sangatlah panas. Pada kesempatan yang sebelumnya, belajarelektronika.net telah mengulas tips cara memperbaiki kipas angin yang mati.

Dan kali ini kami akan mengajak para pembaca semua untuk melihat info mengenai penyebab putaran kipas angin menjadi lambat atau tidak bisa berputar dengan kencang, dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Penasaran? Silahkan simak baik-baik ulasan belajarelektronika.net kali ini.

Kipas Angin Tidak Berputar Kencang

Perlu anda tahu bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan putaran kipas angin menjadi lambat. Namun kebanyakan kasus kipas angin yang putarannya lambat atau tidak kencang karena disebabkan karena bagian as yang kotoran. Biasanya debu menumpuk dan menyebabkan as kipas angin tidak bisa berputar dengan lancar.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut tentu anda harus melakukan pembersihan utamanya pada bagian as kipas angin. Oke langsung saja berikut step by step bagaimana cara mengatasi kipas angin yang tidak bisa berputar dengan kencang alias putaranya lambat.

  1. Pertama-tama silahkan bongkar body atau penutup kipas angin
  2. Setelah itu periksa pada bagian as kipas angin
  3. Cek apakah ada benang atau debu yang bersarang di sana
  4. Jika ada, bersihkan dan beri minyak pelicin seperti oli atau yang lainnya
  5. Sekarang coba kembali apakah putaran kipas angin sudah normal atau belum
  6. Jika belum, periksa apakah kapasitor rusak
  7. Periksa juga bagian dinamo apakah ada gulungan yang putus atau tidak

Baca juga : Cara Menggunakan Solder Uap yang Benar

Cukup mudah bukan? Dengan begitu kipas angin akan berputar seperti sedia kala. Jika informasi mengenai penyebab kipas angin tidak berputar kencang dan cara mengatasinya tadi bermanfaat menurut anda, jangan segan dan ragu untuk membaginya kepada teman ataupun kerabat anda.

Incoming search terms:

  • kipas angin tidak berputar kencang

Tinggalkan pesan "Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar Kencang atau Cepat"

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.