9 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

5064 views

9 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya – Semua teknisi elektronika tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kulkas. Ya, kulkas adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang keberadaannya sangat bermanfaat, terutama bagi masyarakat Indonesia yang tinggi di wilayah beriklim tropis.

Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan kulkas atau lemari es untuk mendinginkan makanan dan juga minuman. Selain itu kulkas juga sangat bermanfaat untuk menjaga makanan agar tidak mudah basi. Sama seperti alat elektronik lain, kulkas juga bisa rusak karena beberapa faktor.

Kerusakannya pun juga sangat bermacam-macam, mulai dari kulkas tidak dingin lagi, suaranya bising, lampu tidak nyala, kompresor panas, freezer tidak mau beku, hingga mati total. Kerusakan tersebut bisa terjadi baik pada kulkas satu pintu maupun kukas 2 pintu.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Pada kesempatan yang baik ini belajarelektronika.net akan berbagi informasi mengenai penyebab kulkas tidak dingin sama sekali. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya teknisi harus melakukan berbagai macam pengecekan meliputi seluruh komponen agar diketahui bagian mana yang rusak.

Biasanya kerusakan kulkas terutama yang tidak bisa dingin lagi disebabkan karena evaporator bocor akibat ketusuk benda tajam, atau bisa juga karena faktor lain. Oleh sebab itu alangkah baiknya anda simak ulasan mengenai beberapa penyebab kulkas tidak dingin baik 1 pintu maupun 2 pintu berikut ini.

1. Evaporator Bocor

Hal pertama yang bisa menyebabkan kulkas tidak dingin adalah karena adanya kerusakan pada evaporator. Evaporator bisa saja bocor karena tertusuk benda tajam. Saat evaporator bocor, maka secara otomatis gas freon akan keluar semua dan menyebabkan kulkas tidak dingin lagi. Oleh karena itu sangat tidak disarankan mencungkil es batu dengan benda tajam.

2. Thermostat Putus

Alasan kedua yang bisa menyebabkan kulkas tidak dingin adalah karena thermostat putus. Buat anda yang belum tahu, setiap kulkas pasti dilengkapi dengan thermostat yang berfungsi untuk mengatur suhu. Jika thermostat putus atau rusak, maka secara otomatis kompresor tidak akan mendapat suplay listrik dan kulkas menjadi tidak dingin.

3. Overload Rusak

Bagi anda yang belum tahu, komponen overload terletak menempel pada bagian kompresor. Fungsi dari overload ini sama seperti relay. Jika kompresor terlalu panas, maka komponen overload ini akan memutus aliran listrik yang menuju ke kompresor. Secara otomatis jika kompresor tak menerima listrik, kulkas tidak akan dingin.

4. Penyumbatan Saluran Freon

Penyebab lain mengapa kulkas tidak dingin adalah karena terjadi penyumbatan pada saluran freon. Sebenarnya masalah ini bisa saja terjadi pada semua jenis pendingin mulai dari freezer, chiller, hingga upright freezer. Gejalanya bisa dikenali pada bagian kondensator yang tidak terasa panas sama sekali.

5. Pintu Tidak Rapat

Ada masalah sederhana yang bisa menyebabkan kulkas tidak dingin, yakni karena pintu yang tidak tertutup rapat. Masalah ini bisa terjadi karena kelalaian, atau bisa juga karena magnet dan pintu kulkas sudah tidak bisa menempel dengan erat lagi. Hal tersebut bisa menyebabkan hawa dingin dalam kulkas keluar. Solusinya adalah ganti karet dengan yang baru.

6. Kompresor Lemah

Seperti yang kita tahu bahwa kompresor adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah kulkas. Jika kompresor rusak atau bermasalah, tentu akan membuat kulkas menjadi tidak dingin. Solusi terbaiknya adalah mengganti kompresor yang rusak dengan kompresor baru.

7. Timer Sudah Rusak

Dalam kulkas 2 pintu terdapat sebuah timer otomatis yang berfungsi untuk mengatur semua komponen dalam kulkas. Jika timer otomatis rusak, secara otomatis kulkas menjadi tidak dingin. Sekali lagi kami tegaskan bahwa komponen timer hanya terdapat pada kulkas jenis 2 pintu, dan tidak ada pada kulkas 1 pintu.

Baca juga : Cara Memperbaiki Magic Com Rusak

8. Kipas Fan Rusak

Penyebab lain kulkas tidak dingin adalah karena kipas fan tidak bisa berputar alias rusak. Masalah ini hanya bisa terjadi pada kulkas 2 pintu saja. Kipas fan yang tidak berputar menyebabkan hawa dingin yang ada pada evaporator tidak dapat menyebar ke seluruh kulkas sehingga membuatnya tidak dingin lagi.

9. Fuse Putus

Satu lagi yang menjadi penyebab mengapa kulkas tidak bisa bisa dingin adalah karena fuse putus. Fuse terletak di bagian atas freezer kulkas 2 pintu. Fuse pada kulkas berfungsi untuk mencairkan bunga es. Fuse yang rusak akan menyebabkan bunga es terlalu banyak sehingga kulkas menjadi tidak dingin.

Itulah tadi beberapa penyebab kulkas tidak dingin lagi sama sekali. Semoga dengan adanya info ini anda bisa tahu masalah yang dialami kulkas dan langsung bisa memperbaikinya. Jika anda merasa info ini bermanfaat, jangan lupa share kepada teman-teman dengan menggunakan tombol sosmed yang ada.

Incoming search terms:

  • penyebab kulkas tidak dingin sama sekali
  • cara memperbaiki mesin cuci yang pengeringnya ga jalan
  • kulkas tidak dingin lagi
  • kulkas tidak dingin tapi tidak tahu penyebabnya
  • kulkas tidak dingin penyebabnya
  • kulkas tdk dingin sebab
  • faktor penyebab kulkas tidak dingin
  • cara perbaiki kulkas bocor perion
  • cara memperbaiki lemari es penyebab mencukil es batu
  • sebab kipas kulkas 2 pintu mudah putus

Tinggalkan pesan "9 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya"

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.