Penyebab MCB Listrik Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

588 views

Penyebab MCB Listrik Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa manusia era sekarang ini tidak bisa jauh dari yang namanya listrik. Karena semua aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh manusia modern selalu ditunjang dengan listrik.

Tanpa adanya listrik tentu aktivitas mereka akan terhambat. Hampir di semua rumah orang Indonesia kini sudah dijangkau oleh listrik dari PLN. Oleh karena itu hampir semua orang sudah bisa menikmati listrik. Alat-alat yang ada saat ini juga hampir semuanya membutuhkan listrik, mulai dari kulkas, mesin cuci, TV, dan lain sebagainya.

Meskipun begitu tentu anda pernah mengalami masalah kaitannya dengan listrik yang tiba-tiba padam bukan? Tentunya anda bertanya-tanya mengapa listrik bisa tiba-tiba mati begitu saja? Perlu kita ketahui bahwa ada banyak sekali penyebab listrik mati atau padam dengan sendirinya.

Penyebab MCB Listrik Mati Sendiri

Penyebab pertama adalah karena ada pemadaman yang dilakukan oleh pihak PLN. Biasanya pemadaman dilakukan ketika terjadi perbaikan ataupun perawatan rutin. Selain itu pemadaman listrik juga bisa disebabkan karena masalah pada MCB. Untuk info lebih lengkapnya, berikut beberapa penyebab MCB listrik mati sendiri.

1. Beban Listrik Terlalu Besar

Penyabab pertama mengapa MCB listrik bisa mati dengan sendirinya adalah karena beban listrik yang digunakan terlalu besar. Misal daya listrik PLN yang ada di rumah anda adalah 900 watt. Namun anda menggunakan banyak sekali alat elektronik dengan daya lebih dari 900 watt. Hal tersebut bisa menyebabkan listrik mati secara tiba-tiba atau istilah lainnya njeglek.

2. Adanya Hubungan Pendek / Konsleting

Penyebab kedua mengapa MCB listrik bisa mati dengan sendirinya adalah karena adanya hubungan listrik pendek alias konsleting. Konsleting bisa disebabkan karena ada dua arus positif dan negatif yang bertemu baik secara langsung maupun tidak langsung. MCB sudah dilengkapi keamanan sehingga akan mati dengan sendiri ketika terjadi konsleting untuk menghindari kebakaran.

3. Alat Elektronik Terbakar

Penyebab ketiga mengapa MCB listrik bisa mati dengan sendirinya adalah karena adanya peralatan listrik atau elektronik di rumah anda yang terbakar. Misalnya pompa air yang lilitannya terbakar. Hal tersebut juga bisa menyebabkan MCB listrik mati sendiri secara tiba-tiba sebagai respon antisipasi terjadinya kebakaran.

4. Terjadi Kerusakan pada MCB

Penyebab keempat mengapa MCB listrik bisa mati dengan sendirinya adalah karena memang terjadi kerusakan pada MCB itu sendiri. Sama seperti alat elektronik dan alat listrik yang lain, MCB juga bisa rusak kapan saja. Jadi apabila listrik mati tiba-tiba, namun tidak ada beban listrik besar, konsleting, pemadaman, dan alat elektronik terbakar, kemungkinan karena MCB nya rusak.

Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Prinsip Kerja MCB

Cara Mengatasi MCB Listrik Mati Sendiri

  1. Jika listrik di rumah anda tiba-tiba padam dengan sendirinya, langkah pertama yang harus anda lihat adalah posisi on/off pada MCB. Jika posisi tombol MCB dalam keadaan off, anda bisa melakukan langkah diagnosa
  2. Pastikan bahwa tidak ada pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN. Caranya adalah bertanya kepada tetangga anda apakah listrik di rumahnya juga mati atau tidak. Jika sama-sama mati, memang ada pemadaman
  3. Setelah itu pastikan tidak ada konsleting atau alat elektronik yang terbakar di rumah anda. Matikan pula alat-alat elektronik yang sedang menyala di rumah anda. Setelah itu coba kembalikan posisi saklar atau tombol yang ada pada MCB dari off ke on
  4. Jika listrik bisa nyala, berarti matinya listrik tadi disebabkan karena beban berlebih. Namun jika saklar kembali ke posisi off saat anda mengindupkannya, kemungkinan ada konsleting atau alat elektronik yang terbakar
  5. Silahkan cari dan perbaiki terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa menghidupkan kembali saklar MCB

Bagaimana, cukup mudah bukan? Namun ada beberapa kasus dimana saklar atau tombol MCB dalam keadaan on, namun tidak ada listrik. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal. Yang pertama bisa karena sekring putus akibat konsleting, bisa juga karena MCB yang memang sudah rusak.

Oleh sebab itu jika terjadi hal tersebut, periksa dulu sekring. Jika putus, ganti dengan yang baru. Namun jika hal tersebut tidak berhasil, kemungkinan MCB yang rusak. Silahkan hubungi petugas PLN agar segera mendapatkan penanganan. Semoga info singkat mengenai penyebab MCB listrik mati sendiri dan cara mengatasinya ini bermanfaat bagi pembaca.

Incoming search terms:

  • mcb mati sendiri
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.