Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

1223 views

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya – Semakin hari merk TV semakin bermacam-macam mulai dari Samsung, LG, Sony, Toshiba, Sharp, Panasonic, Polytron, Akari, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing merk TV tersebut tentunya punya ciri atau karakteristik blok rangkaian tersendiri.

Oleh karena itu jika terjadi kerusakan, penanganannya pun pasti berbeda-beda. Namun dibalik perbedaan tersebut, komponen dasar serta diagnosa yang dilakukan masih bisa disamakan. Misal TV yang tidak bisa menangkap siaran bisa dicek konektor antena ataupun receivernya. Selain itu bisa dilakukan pengecekan komponen yang ada kaitannya dengan blok tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua melihat info mengenai salah satu jenis kerusakan yang kerap atau pernah dialami semua merk TV tak peduli merk TV branded ataupun TV buatan China, yakni TV tidak muncul gambar namun suaranya tetap ada.

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya

Kerusakan jenis ini juga kerap dikeluhkan oleh para pengguna TV LCD dan LED. Nah, sebelum mulai memperbaikinya anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Berikut beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan TV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya.

  • Kabel LVDS lepas atau belum terpasang
  • T-Con tidak mendapatkan supply tegangan yang cukup yakni sebesar 12 volt
  • Fuse smd yang ada pada board T-Con (dekat konektor LVDS) putus
  • T-Con sudah rusak dan harus diganti
  • IC gamma AS-15 yang ada pada T-Con sudah rusak

Baca juga : Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran

Berdasarkan diagnosa dari beberapa penyebab kerusakan tadi, anda bisa langsung mengidentifikasi dan melakukan perbaikan. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki TV LED yang tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Silahkan disimak baik-baik.

  1. Pertama-tama cek tegangan power supply. Pastikan semua tegangannya normal
  2. Jika tegangan power supply normal, silahkan cek tagangan pada output driver LED
  3. Apabila normal, berarti anda bisa mengecek bagian lagi
  4. Namun apabila tegangannya nol, maka anda harus mengganti IC drivernya
  5. Biasanya setelah IC driver diganti, akan menunjukkan tegangan 50 volt
  6. Pastikan pula masakan layar blank bukan karena konektor yang kurang tertancap

Nah, itulah tadi sedikit info mengenai penyebab TV LED yang tidak ada gambarnya tapi ada suaranya lengkap beserta tips bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut. Jika anda masih bingung karena informasinya yang belum lengkap, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang telah kami sediakan.

Incoming search terms:

  • penyebab tv led lg tidak ada gambarnya
  • penyebab tv led tidak ada gambarnya
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.