Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran + Cara Mengatasinya

12296 views

Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran + Cara Mengatasinya – Perkembangan teknologi TV alias televisi semakin hari semakin pesat. Merk televisi pun juga semakin beragam mulai dari Sharp, LG, Samsung, Panasonic, Toshiba, Polytron hingga merk-merk asal China seperti Akari, Sanken, Changhong, dan lain sebagainya.

Selain itu teknologi atau fitur yang disematkan dalam TV juga makin lengkap. Saat ini sudah era TV layar datar alias TV LED yang punya keunggulan konsumsi daya listrik yang lebih rendah. Selain itu juga banyak TV yang punya fitur USB, audio dolby, port VGA, sampai dengan HDMI.

Untuk generasi yang paling baru yakni smart TV yang dapat dikontrol layaknya sebuah perangkat smartphone berlayar super jumbo. Resolusi TV kian hari juga kian meningkat. Saat ini sudah banyak beredar TV dengan resolusi full HD 1080p, 2K, atau bahkan 4K. Semakin tinggi resolusi, tentu kualitas gambar yang ditampilkan juga semakin jernih dan enak dipandang.

Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran

Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net tak akan membahas info mengenai fitur-fitur yang ada di TV masa kini, melainkan masalah yang kerap dialami oleh TV masa kini baik ity TV tabung maupun TV layar datang (LCD / LED), yakni TV tidak bisa menangkap siaran.

Masalah TV tidak bisa menangkap siaran ini bisa dialami oleh semua brand TV mulai dari Sharp, LG, Samsung, Panasonic, Toshiba, Polytron, ataupun TV China seperti Akari, Sanken, Changhong, dan sebagainya. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa TV tidak bisa menangkap sinyal siaran dengan baik.

1. Masalah Pada Pemancar Siaran

Perlu anda ketahui bahwa penyebab TV tidak bisa menangkap siaran bisa saja terjadi karena ada masalah pada pemancar siaran itu sendiri. Misal TV anda tidak mau menampilkan salah satu siaran ntah itu Indosiar, SCTV, RCTI, Trans7, atau yang lain karena pemancar dari channel atau siaran tersebutlah yang bermasalah, bukan karena TV anda.

2. Ada Komponen yang Rusak

Penyebab kedua masalah TV tidak bisa menangkap siaran adalah karena terjadi kerusakan komponen yang bertugas menangkap siaran. Cara mengenali adanya komponen yang rusak adalah semua siaran tidak bisa ditangkap. Apabila hanya salah satu saja, berarti masalah tersebut disebabkan karena pemancar yang sedang error.

Baca juga : Cara Memperbaiki Remot TV Rusak

3. Jangan Lupa Cek Antena

Seperti yang kita tahu bahwa antena adalah alat yang digunakan untuk menangkap sinyal pada televisi. Jika TV anda tidak bisa menangkap sinyal siaran sama sekali, tentu anda harus mengecek apakah antena bekerja sesuai dengan yang semestinanya atau tidak. Jika memang tidak, silahkan diperbaiki terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Menangkap Siaran

Itulah tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan TV tidak bisa menangkap siaran dengan baik atau bahkan tidak bisa sama sekali. Lantas bagaimana cara untuk mengatasinya? Jika TV anda kesulitan menangkap siaran, berikut kami bagikan tips dan trik singkat cara mengatasi TV yang tidak bisa menangkap siaran.

Baca juga : Cara Servis TV Sharp, LG, Samsung yang Rusak

  • Pertama-tama periksa kembali saluran atau channel. Silahkan diprogram ulang baik secara manual ataupun otomatis untuk menemukan saluran yang hilang. Anda bisa melakukan langkah ini menggunakan bantuan remot TV
  • Jika tetap tidak bisa, langkah selanjutnya adalah membongkar casing TV. Periksa pada bagian tuner TV atau bagian lain yang ada kaitannya dengan tuner TV. Periksa apakah terdapat komponen yang aus, terbakar, atau kaki-kakinya yang lepas
  • Apabila semua oke, langkah berikutnya adalah periksa tegangan B+ yang masuk ke tuner. Biasanya besar tegangan yang masuk berkisar antara 12 volt. Periksa juga tegangan arus AGC pada tuner dan pastikan angkanya naik dari 0 sampai 3,3 volt
  • Jika angkanya tidak menunjukkan 0 sampai 3,3 volt, berati kemungkinan besar tuner rusak dan harus diganti dengan tuner baru
  • Jangan lupa periksa komponen IF yang berfungsi mengunci frekwensi yang dihasilkan tuner. Jika semua langkah sudah anda coba, lakukan shearch ulang siaran otomatis. Seharusnya TV anda sudah bisa mendeteksi siaran dengan normal

Lakukan pengecekan tadi dengan teliti dan hati-hati agar tidak ada bagian yang tertinggal. Semoga dengan adanya info penyebab TV tidak bisa menangkap siaran dan cara mengatasinya ini dapat membantu menyelesaikan masalah para teknisi ataupun pengguna TV yang mengalami masalah serupa. Semoga bermanfaat dan salam elektronik.

Incoming search terms:

  • penyebab tv tidak bisa menangkap siaran
  • penyebab tv tidak dapat menerima siaran
  • tv lcd lg tidak bisa menangkap siaran
  • tv sharp tidak bisa menangkap siaran
  • tv polytron tidak bisa menangkap siaran
  • tv tidak ada siaran
  • tv led lg tidak bisa menangkap siaran
  • tv lg tidak bisa menangkap siaran
  • tv tidak bisa menangkap siaran
  • kerusakan tv lg tidak ada siaran
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.