Perbedaan Inverter dan Konverter Beserta Fungsinya

5646 views

Perbedaan Inverter dan Konverter Beserta Fungsinya – Apa yang ada di dalam benak anda ketika mendengar istilah inverter dan konverter? Tentu sebagian dari anda pasti ada yang berfikir bahwa dua istilah tersebut erat kaitannya dengan listrik. Ya, memang tak salah karena dua alat tersebut memang digunakan untuk mengubah energi listrik.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ada dua jenis listrik, yakni listrik searah atau yang dikenal dengan nama listrik DC. Dan ada pula listrik bolak-balik atau yang lebih dikenal dengan listrik AC. Lantas apa kaitannya antara listrik AC DC dengan konverter dan inverter?

Nah, daripada terus penasaran. Pada kesempatan yang sangat bagus ini, belajarelektronika.net akan mengajak para pembaca semua untuk melihat informasi terbaru mengenai perbedaan inverter dan konverter, lengkap beserta fungsi dari kedua alat tersebut. Langsung saja, berikut detail ulasannya.

Pengertian Konverter

Konverter adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengubah tegangan searah alias DC ke tegangan DC yang punya nilai berbeda. Terdapat dua mode konversi yang dapat digunakan untuk mengubah tegangan tersebut. Mode pertama adalah konversi linear atau linear conversion. Dan mode kedua adalah konversi peralihan atau switching conversion.

Konversi linear menurunkan tegangan yang berasal dari baterai dengan cara mengubah kelebihan daya menjadi energi kalor atau panas. Metode ini sangat sederhana, meskipun pada kenyataannya tidak begitu efisien. Konversi peralihan pada umumnya menggunakan komponen magnetik guna menyimpan daya secara sementara.

Setelah itu daya yang disimpan secara sementara tersebut diubah menjadi tegangan lainnya. Tegangan yang dihasilkan bisa lebih besar, atau lebih kecil, lebih rendah, atau kebalikan (negatif) daripada tegangan input. Lantas bagaimana dengan inverter? Mari kita ulas.

Baca juga : Rangkaian Inverter Sederhana

Pengertian Inverter

Inverter adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengubah tegangan listrik searah (DC) menjadi tegangan listrik bolak-balik (AC). Sebenarnya inverter juga merupakan bagian dari konverter. Inverter juga bisa dibilang sebagai konverter tegangan DC ke tegangan AC.

Prinsip kerja inverter sendiri adalah dengan cara memotong dan membalikkan arus DC yang kemudian dapat membangkitkan gelombang segi empat. Gelombang segi empat tersebut nantinya disaring menjadi gelombang sinus yang disesuaikan, serta menghapus harmonik yang tak diinginkan.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai perbedaan inverter dan konverter lengkap beserta fungsinya. Semoga ulasan singkat mengenai ilmu-ilmu dasar elektronika ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca web Belajar Elektronika di manapun anda berada. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • fungsi converter
  • pengertian converter
  • perbedaan inverter dan konverter
  • fungsi konverter
  • beda inverter dan converter
  • perbedaan inverter dan converter
  • artikel pengertian konverter
  • inverter dan konverter
  • pengertian inverter dan konverter
  • konverter adalah
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.