Perbedaan Kabel NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY

2096 views

Perbedaan Kabel NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY – Teknisi elektro dan listrik wajib tahu bahwa ada beberapa jenis kabel yang ada di pasaran dan kerap digunakan dalam instalasi. Masing-masing jenis kabel punya ciri khas, kelebihan serta kekurangan masing-masing. Karena itu kita tidak boleh memukul rata dan menganggap semua jenis kabel sama.

Pada dasarnya jenis-jenis kabel diklasifikasikan berdasarkan kemampuan hantar arusnya. Kemampuan hantar arus pada sebuah kabel listrik dipengaruhi oleh luas penampang, bahan konduktor dan isolator yang digunakan, serta beberapa faktor yang lain. Selain digunakan untuk mengantarkan listrik, kabel juga digunakan untuk menghantarkan frekuensi.

Diantaranya banyaknya jenis kabel listrik, ada beberapa yang kerap membuat bingung para teknisi, yakni kabel jenis NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY. Memang nama satu sama lain sedikit mirip sehingga kita sulit untuk membedakannya. Padahal masing-masing jenis kabel tersebut punya perbedaan yang cukup signifikan.

Kabel NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY

Nah, agar anda tidak keliru lagi, belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat info lebih lengkap mengenai perbedaan kabel NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY mulai dari ukuran, fungsi, gambar bentuk, karakteristik, sampai dengan harganya. Penasaran? Tak usah basa-basi lagi simak ulasan berikut.

1. Kabel NYA

Kepanjangan kabel NYA adalah N = Kabel inti tembaga, Y = Isolasi PVC, dan A = Kabel tunggal.  Artinya kabel NYA merupakan kabel tembaga tunggal dengan isolasi berbahan PVC. Kabel jenis ini kerap digunakan untuk instalasi listrik rumahan. Kabel NYA untuk instalasi listrik rumahan memiliki ukuran 1,5 mm dan 2,5 mm.

Kelebihan dari kabel NYA ini adalah harganya lebih murah sehingga kerap digunakan untuk instalasi listrik perumahan. Kelebihan kabel NYA adalah mudah cacat dan terkelupas seperti tergigit tikus karena isolasinya hanya satu lapis. Oleh karena itu agar lebih aman harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup atau dipasang di udara yang jauh dari jangkauan.

Baca juga : Arti Warna Kabel Instalasi Listrik Rumah

2. Kabel NYM

Kepanjangan kabel NYM adalah N = Kabel inti tembaga, Y  = Isolasi PVC, M = Inti kabel lebih dari satu. Artinya kabel NYM memiliki inti tembaga lebih dari satu dan menggunakan isolasi berbahan PVC. Kabel jenis ini biasanya digunakan pada instalasi tetap bangunan seperti ditempatkan di dalam tembok.

Kabel NYM biasanya punya warna putih atau abu-abu, dengan jumlah inti 2, 3 atau 4. Kelebihan dari kabel NYM ini dibanding kabel NYA adalah kualitas isolasinya yang lebih kuat karena terdiri dari dua lapis. Kelemahannya adalah harganya yang lebih mahal. Kabel ini bisa digunakan di kondisi kering atau basah, namun tidak untuk ditanam dalam tanah.

3. Kabel NYY

Kepanjangan kabel NYY adalah N = Kabel inti tembaga, Y = Isolasi PVC, Y = Selubung luar Isolasi PVC. Artinya kabel NYY adalah kabel yang memiliki satu atau lebih inti tembaga dengan isolasi PVC dan selubung luar berbahan PVC. Kabel jenis ini sangat cocok digunakan untuk instalasi listrik tetap seperti di bawah tanah ataupun tempat outdoor lainnya.

Kabel NYY memilii lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), dengan jumlah inti 2, 3 atau 4. Kabel jenis ini memiliki ketahanan yang sangat tinggi dan lebih aman. Wajar jikalau kabel NYY dijual dengan harga lebih mahal dibanding dengan kabel NYA dan NYM. Kabel NYY juga memiliki kelebihan anti dari gigitan tikus.

Baca juga : Jenis-jenis Kabel Listrik

4. Kabel NYRGBY

Kepanjangan kabel NYRGBY adalah N = Kabel inti tembaga, Y = Isolasi PVC, R = Pelindung kawat baja bulat, Gb = Dililit plat baja, dan Y = Isolasi PVC. Artinya kabel NYRGBY memiliki satu atau lebih inti tembaga dengan isolasi PVC, pelindung kawat baja bulat, lilitan plat baja, serta isolasi luar berbahan PVC.

Diantara kabel-kabel sebelumnya, kabel NYRGBY lah yang paling kuat dan mahal. Kabel jenis ini cocok digunakan untuk instalasi listrik tetap dalam tanah tanpa perlu perlindungan tambahan karena memang daya tahannya sudah sangat baik, kecuali saat ditanam di bawah jalan raya. Tetap diperlukan perlindungan berupa PVC tambahan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai perbedaan kabel NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY dari segi ukuran, karakteristik, fungsi, gambar bentuk, sampai dengan harga. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi pembaca situs belajarelektronika.net di manapun kalian berada. Share info ini ke sesama teknisi elekto dan listrik lainnya.

Incoming search terms:

  • gambar rangkaian alat sound lapangan
  • kelebihan kabel nya
  • perbedaan jenis kabel nya nym nyy
  • perbedaan kabel nym dan nyy
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.