Perbedaan Limit Switch dan Saklar Push On / Button

1558 views

Perbedaan Limit Switch dan Saklar Push On / Button – Dalam dunia elektronika kita mengenal komponen yang bernama saklar. Saklar sendiri merupakan sebuah komponen elektronika yang difungsikan untuk menyambung dan memutus aliran listrik. Komponen ini biasa digunakan sebagai tombol ON/OFF.

Tapi tahukah anda bahwa komponen saklar tak hanya terdiri dari satu macam saja. Ada beberapa jenis saklar yang perlu anda ketahui mulai dari push button atau push on hingga limit switch. Meskipun sebenarnya fungsi dari semua jenis saklar adalah sama, namun masing-masing saklar punya cara kerja masing-masing.

Nah, pada kesempatan yang menurut kami sangat bagus ini, belajarelektronika.net akan membagikan sedikit informasi kepada anda semua mengenai perbedaan antara saklar jenis limit switch dan saklar jenis push button atau push on. Jika anda penasaran bisa langsung disimak ulasan ini secara seksama.

Limit Switch

Limit switch adalah jenis saklar yang dilengkapi dengan sebuah katup. Katup tersebut berfungsi untuk menggantikan tombol. Cara kerja limit switch sebenarnya tak jauh berbeda dibandingkan dengan saklar push on. Limit switch akan menghubungkan arus listrik pada saat katup ditutup dalam batas tertentu.

Dan pada saat katup tersebut tidak ditekan, maka arus listrik juga akan ikut putus. Limit switch dapat diatur dalam dua mode yakni bisa diatur saat katup ditekan rangkaian akan nyala (NO alias normally open), atau saat katup ditekan rangkaian akan mati (NC atau normally close).

Pada umumnya limit switch digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti memutus atau menghubungkan sebuah rangkaian menggunakan objek atau benda yang lain, menghidupkan daya besar dengan sarana yang kecil, serta dapat digunakan pula sebagai sensor posisi untuk melihat kondisi suatu objek.

Baca juga : Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Push On / Push Button

Jenis saklar kedua adalah saklar push on atau yang juga dikenal dengan nama saklar push button. Sama seperti limit switch, saklar push button juga memiliki dua mode yakni NO alias normally open dan juga NC atau normally close. Push button berfungsi memberikan sinyal masukan pada sebuah rangkaian.

Saat tombol ditekan, rangkaian akan bekerja (untuk NO). Sebaliknya untuk NC, rangkaian akan mati saat tombol ditekan. Saklar jenis ini banyak digunakan pada panel mesin karena punya beberapa warna. Misal warna hijau untuk menyalakan dan warna merah untuk mematikan.

Demikian informasi singkat mengenai perbedaan limit switch dengan push on atau push button. Semoga informasi mengenai komponen elektronika khususnya saklar ini bermanfaat. Jangan lupa bagikan info ini kepada teman-teman agar lebih banyak yang tahu. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • fungsi limit switch
  • perbedaan saklar dan push button
  • bedanya tombol saklar
  • cara merakit tombol on off
  • cara merangkai saklar menggunakan limit switch
  • saklar push on
  • gambar saklar push on
  • jelaskan perbedaan limit switch dengan saklar
  • jenis jenis tombol push on
  • macam macam push button
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.