Persamaan dan Perbedaan Motor AC dan DC

2396 views

Persamaan dan Perbedaan Motor AC dan DC – Pada kesempatan sebelumnya, belajarelektronika.net sudah banyak membahas materi yang berkaitan dengan motor listrik, mulai dari motor AC, motor DC, motor stepper, motor servo, dan masih banyak lagi yang lain. Dan pada kesempatan kali ini, belajarelektronika.net akan melanjutkannya dengan materi yang lebih lengkap.

Seperti yang kita tahu bahwa motor AC dan motor DC adalah dua jenis motor listrik yang sering kita jumpai di lapangan. Dilihat dari penampilan fisiknya saja sudah terlihat bahwa pada umumnya motor AC memiliki ukuran atau dimensi yang lebih besar dibanding dengan motor DC.

Bagi anda yang belum tahu, motor AC adalah jenis motor listrik yang bekerja dengan menggunakan arus listrik bolak-balik. Sedangkan motor DC adalah jenis motor lisrik yang bekerja dengan menggunakan arus listrik searah. Lantas bagaimana persamaan dan berbedaan antara dua jenis motor tersebut? Mari kita bahas bersama-sama.

Persamaan Motor AC dan DC

Sudah menjadi rahasia umum bahwa motor AC maupun motor DC sama-sama bekerja dengan menggunakan energi listrik. Ya, motor AC dan motor DC sama-sama berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi mekanik berupa putaran. Dua jenis motor tersebut juga punya bagian stator dan rotor.

Bagian rotor dan stator memiliki fungsi yang sama pada kedua jenis motor listrik, baik AC maupun DC. Kedua jenis motor listrik tersebut juga sama-sama bekerja dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. Selain itu motor AC dan DC juga sama-sama sering digunakan untuk aplikasi elektronika.

Baca juga : Jenis-jenis Motor Listrik dan Penjelasannya

Perbedaan Motor AC dan DC

Setelah anda tahu beberapa persamaan antara motor DC dengan motor AC, selanjutnya kita bahas perbedaannya. Ada beberapa hal mencolok yang membedakan antara motor AC dan juga motor DC. Berikut daftar beberapa perbedaan antara motor DC dengan motor AC yang perlu anda ketahui.

  • Supply listrik yang dibutuhkan oleh dua jenis motor tersebut berbeda. Motor AC membutuhkan supply listrik bolak-balik, sedangkan motor DC membutuhkan supply listrik searah
  • Pada umumnya motor AC digunakan untuk penggerak dengan torsi rendah seperti motor, kompresor, dan pompa. Sedangkan motor DC digunakan untuk penggerak dengan torsi tinggi seperti katrol, derek, hingga mesin bubut
  • Motor DC memiliki komutator, sedangkan motor AC tidak, karena motor AC menggunakan slippring
  • Kecepatan motor AC lebih sulit dikendalikan, karena memerlukan inverter. Apabila kecepatan motor AC menurun, pasokan dayanya juga ikutmenurun. Sedangkan motor DC lebih mudah dikendalikan, tanpa perlu inverter, dan tidak mempengaruhi kualitas pasokan daya yang dimilikinya

Nah, itulah tadi beberapa persamaan dan perbedaan motor AC dan DC. Semoga informasi dasar mengenai komponen motor listrik tadi dapat bermanfaat bagi para pembaca semua, di manapun kalian berada, terutama yang hobi dengan dunia elektronika dan kelistrikan. Jangan lupa share info elektronika ini ke teman-teman anda.

Incoming search terms:

  • perbedaan motor ac dan dc
  • perbedaan motor listrik ac dan dc
  • motor AC dan DC
  • motor listrik ac dan dc
  • motor dc dan ac
  • mesin ac dc
  • jlaskan perbedaan motor penggerak ac dan dc
  • gambar box speker 21in subwofer
  • pervedaan motor ac dan dc
  • beda motor ac dan dc
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.