Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Elektronika Industri

7012 views

prospek dan peluang usaha lulusan teknik elektroProspek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Elektronika Industri - Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa saat ini banyak sekolah maupun perguruan tinggi yang membuka jurusan elektro ataupun listrik. Jurusan tersebut dipilih bukan tanpa alasan. Karena saat ini banyak sekali sektor kerja yang membutuhkan tenaga handal di bidang elektro maupun kelistrikan.

Di samping itu untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia, sekolah maupun perguruan tinggi mencetak para teknisi elektronika yang berkompeten membuka lapangan pekerjaan sendiri mulai dari buka jasa servis barang elektronik, jual beli alat elektronik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi anda yang dalam waktu dekat ini akan masuk ke SMK atau perguruan tinggi pastinya masih merasa bimbang mau memilih jurusan apa. Jika anda berencana memilih jurusan elektro, utamanya elektronika industri atau elektro arus kuat, sebaiknya simak dahulu bagaimana outputnya, termasuk prospek dan peluang kerjanya.

Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Elektro

Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai bagaimana prospek kerja dan peluang kerja lulusan teknik elektro. Diharapkan bagi anda yang nantinya memilih jurusan ini bisa mempersiapkan matang-matang, sehingga saat lulus bisa cepat memperoleh pekerjaan sesuai dengan keinginan dan harapan.

1. Tenaga Pendidik

Jika anda lulusan perguruan tinggi strata satu (S1) jurusan elektro (elektronika industri, listrik, dll.) bisa menjadi tenaga pendidik di SMK ataupun lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Lulusan S1 elektro dianggap sudah memiliki kompetensi yang cukup untuk mengajar matapelajaran elektro, utamanya bagi jurusan pendidikan teknik elektro.

2. BUMN

Saat ini banyak sekali perusahaan BUMN yang membutuhkan tenaga-tenaga handal di bidang elektro untuk dijadikan teknisi ataupun posisi strategis lainnya. Sebut saja PLN, Telkom, Pertamina, dan kawan-kawannya ini sedang gencar-gencarnya mencari lulusan elektro yang memiliki kemampuan dan komitmen tinggi untuk memajukan perusahaan.

3. Sektor Swasta

Sektor swasta merupakan peluang yang paling besar untuk menampung para lulusan teknik elektronika industri. Pabrik-pabrik besar seperti Samsung, Philips, LG, dan lain-lain pastinya sudah menggunakan alat yang canggih untuk beroperasi. Jika alat tersebut mengalami masalah, tentunya yang bisa menyelesaikannya adalah para teknisi.

Baca juga : Peluang Usaha Bisnis Elektronika

4. Wirausaha

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa lulusan elektro sangat dipercaya mampu menciptakan usaha sendiri mulai dari buka jasa servis barang elektronik sampai dengan berjualan barang-barang elektronik. Dengan menjadi seorang wirausaha, lulusan elektro akan sangat berjasa mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia.

Demikian sedikit informasi mengenai peluang dan prospek kerja lulusan teknik elektro. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca belajarelektronika.net di manapun anda berada. Sampai jumpa di artikel berikutnya, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda bila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • peluang kerja teknik elektronika industri
  • prospek kerja teknik elektro industri
  • peluang kerja teknik elektronika
  • prospek kerja teknik elektro
  • prospek teknik elektro
  • peluang kerja teknik elektro
  • tempat psg listrik
  • pekerjaan elektronika industri
  • peluang kerja jurusan teknik elektro
  • prospek teknik elektronika industri

Leave a reply "Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Elektronika Industri"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.