Rangkaian Adaptor 12 Volt Sederhana

8719 views

rangkaian adaptor sederhana 12 voltRangkaian Adaptor 12 Volt Sederhana - Adaptor adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mengubah arus AC (bolak-balik) menjadi arus DC (searah). Adaptor banyak digunakan di berbagai macam alat elektronik sebanyak penyuplay tegangan atau bisa disebut juga dengan istilah catu daya.

Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali jenis adaptor mulai dari adaptor DC, adaptor step up step down, adaptor inverter, dan adaptor power supply. Masing-masing jenis adaptor tersebut memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda, dan penggunaannya pun pastinya juga berbeda.

Pada kesempatan yang baik ini belajarelektronika.net tak akan membahas mengenai jenis-jenis adaptor tersebut, melainkan bagaimana cara membuat sebuah adaptor sederhana menggunakan komponen-komponen elektronika sederhana yang mudah didapatkan di toko-toko komponen elektronika.

Rangkaian Adaptor 12 Volt

Rangkaian adaptor yang kami bagikan kali ini adalah rangkaian adaptor sederhana dengan output 12 volt. Komponen yang dibutuhkan juga tidak banyak dan semuanya dapat ditemukan dengan mudah di penjual komponen elektronika yang ada di sekitar rumah anda. Berikut adalah skema rangkaian adaptor 12 volt.

skema rangkaian adaptor 12 volt

Prinsip kerja dari adaptor ini tak jauh berbeda dari adaptor kebanyakan. Pertama-tama arus AC 220 volt dialirkan menu ke transformator. Kemudian oleh transformator tersebut, arus diturunkan menjadi lebih kecil sesuai dengan ketentuan. Setelahnya baru arus AC yang memiliki tegangan kecil tersebut diubah menjadi arus DC oleh komponen dioda.

Output atau keluaran dari rangkaian ini berupa tegangan 12 volt DC yang bisa langsung disalurkan ke rangkaian lainnya ataupun alat-alat elektronik seperti charger dan lain sebagainya. Sekedar informasi bahwa rangkaian ini menggunakan dioda bridge yang terdiri dari empat buah dioda yang disusun sedemikian rupa.

Anda juga bisa melakukan modifikasi rangkaian tersebut untuk mendapatkan keluaran yang berbeda misal 3 volt, 5 volt, 9 volt, 10 volt, 20 volt, dan masih banyak lagi yang lain. Jika anda masih bingung, silahkan tinggalkan komentar berupa pertanyaan melalui kolom komentar yang telah disediakan.

Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian adaptor sederhana 12 volt. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di ulasan menarik lainnya dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • rangkaian adaptor
  • rangkaian adaptor 12 volt
  • skema adaptor
  • skema adaptor 12 volt
  • membuat adaptor sederhana
  • rangkaian adaptor 12volt
  • buat alat elektronik
  • cara bagi arus 2 buah kipas angin 12 volt pakai adsptor 12 volt
  • adaptor sederhana
  • tegangan 20 volt dc diturunkan menjadi 12volt dc

Leave a reply "Rangkaian Adaptor 12 Volt Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.