Rangkaian Alarm Kebakaran Sederhana dengan Sensor Suhu

372 views

Rangkaian Alarm Kebakaran Sederhana dengan Sensor Suhu – Kebakaran merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan pemukiman padat penduduk. Sistem keamanan yang kurang baik menjadi salah satu penyebab mengapa rumah atau gedung bisa terbakar.

Jika semua rumah atau gedung dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai, mustahil kebakaran bisa terjadi meskipun terjadi korsleting listrik atau bahkan tabung gas meledak. Ada banyak sekali jenis sistem keamanan yang bisa dipasang di rumah atau gedung untuk meminimalisir terjadinya kebakaran.

Salah satuanya adalah dengan menggunakan alarm penanda kebakaran. Jadi alarm tersebut akan memberi peringatan kepada pemilik rumah jika terjadi kebakaran sehingga bisa segera diatasi dan tidak menyebabkan kerusakan yang fatal. Sayangnya tak sedikit orang yang mengabaikan hal tersebut.

Rangkaian Alarm Kebakaran Sederhana

Kebanyakan masyarakat Indonesia selalu mengesampingkan dengan yang namanya keselamatan dan keamanan. Banyak orang enggan memasang fitur keselamatan rumah dengan berbagai macam alasan. Salah satunya adalah karena harganya mahal. Memang jika jika membeli alarm kebakaran siap pakai, harganya cukup mahal.

Namun kita bisa membuat alarm penanda kebakaran sendiri dengan menggunakan rangkaian elektronika sederhana. Ya, dengan alat atau rangkaian tersebut kita bisa lebih meminimalisir dan mengantisipasi terjadinya kebakaran. Karena musibah datangnya tidak diduga-duga. Oleh sebab itu tidak ada salahnya kita melakukan upaya antisipasi.

Nah, buat anda yang ingin mencoba membuat rangkaian alarm sederhana sendiri menggunakan komponen-komponen elektronika dasar, langsung saja simak baik-baik ulasan berikut ini. Berikut gambar skema rangkaian alarm sederhana dengan sensor suhu lengkap beserta daftar komponen yang dibutuhkan.

Baca juga : Rangkaian Pengukur Suhu Sederhana

Daftar Komponen Alarm Kebakaran Sederhana dengan Sensor Suhu :

  • Dioda
    D1 : 1N4002
  • Resistor
    R1 : 1K2
    R2 : 1K2
    R3 : 1K2
    R4 : 1K2
  • Trimpot
    RV : 10K
  • Transistor
    TR1 : BC108
    TR2 : BC109
  • Relay 6 volt
  • Saklar Alarm
  • NTC

Nah, itulah tadi skema rangkaian alarm anti kebakaran dengan sensor suhu lengkap beserta dengan daftar komponennya. Dilihat dari skema rangkaian tadi bisa kita lihat bahwa komponen yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, dan semuanya mudah untuk didapatkan alias bukan komponen langkap.

Sensor suhu yang digunakan pada rangkaian tersebut adalah sensor NTC ( native temperature coefisient ). Anda bisa mengganti sensor suhu tersebut dengan sensor lain seperti sensor asap misalnya. Selain itu dalam rangkaian tersebut juga terdapat relay 6 volt yang bisa dihubungkan dengan alarm atau speaker.

Tegangan input yang dibutuhkan tidak begitu besar, hanya 9 volt DC. Anda bisa melakukan modifikasi rangkaian tersebut sesuai dengan kebutuhan. Oke, demikanlah info mengenai skema rangkaian alarm kebakaran sederhana dengan sensor suhu / asap. Semoga info tadi bermanfaat bagi anda semua terutama yang penasaran dengan cara bikin alarm anti kebakaran sendiri.

Incoming search terms:

  • cara bikin alarm kebakaran sederhana
  • cara mudah perbaiki subwoofer simbada suara kecil
  • gambar dari alarm kebakaran sederhana
  • kode ntc yg digunakan pada alarm kebakaran
  • komponen rangkaian alarm keba
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.