Rangkaian Alarm Sensor Gerak Sederhana

8647 views

rangkaian alarm sensor gerak sederhanaRangkaian Alarm Sensor Gerak Sederhana - Perekonomian yang semakin sulit membuat tingkat kejahatan yang ada di Indonesia juga ikut bertambah. Salah satu modus kejahatan yang saat ini sering terjadi adalah pencurian sepeda motor. Tak heran memang karena populasi sepeda motor yang ada di Indonesia sangatlah besar dibanding dengan negara-negara lain.

Pencurian sepeda motor bisa terjadi karena kurangnya sistem keamanan yang ada pada sepeda motor itu sendiri. Sebagian besar sepeda motor yang dijual di Indonesia tak dilengkapi dengan pengamanan khusus seperti alaram dan sejenisnya. Produsen hanya menambahkan kunci pengaman ganda yang tak jarang dapat ditembus dengan mudah oleh para pencuri.

Nah, pada kesempatan kali ini Belajar Elektronika akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai bagaimana cara membuat alarm menggunakan sensor gerak sederhana yang dapat anda manfaatkan untuk sistem keamanan, termasuk sistem keamanan pada sepeda motor.

Rangkaian Alarm Sensor Gerak

Perlu diketahui bahwa rangkaian sensor gerak yang akan kami bagikan kali ini menggunakan bantuan infra merah. Prinsip kerjanya cukup sederhana, infra red akan mendetaksi gerakan-gerakan yang kemudian dapat membangkitkan output berupa suara alarm. Jadi apabila sensor tersebut mendeteksi gerakan, maka secara otomatis alarm akan berbunyi.

Bagi anda yang sudah penasaran dan tidak sabar ingin langsung melihat bagaimana cara membuatnya, berikut kami bagikan skema rangkaian alarm sensor gerak sederhana dengan menggunakan bantuan infra red. Oh iya, semua komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian tersebut dapat kita temukan dengan mudah di toko atau penjual komponen dekat rumah.

rangkaian sensor gerak

Baca juga : Alarm Motor dengan Sensor Sentuh

Seperti yang tertera pada gambar skema rangkaian tadi, diperlykan sebuah IC khusus, yakni IC NE 555. Selain itu juga terpampang beberapa komponen elektronia lainnya seperti resistor, kapaistor, LED, transistor, dan beberapa jenis komponen elektronika lainnya. Tegangan yang diperlukan tidaklah besar, hanya 12 volt saja.

Oke demikian beberapa informasi mengenai rangkaian alarm sensor gerak sederhana. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi semua, khususnya pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya, dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman anda.

Incoming search terms:

  • cara membuat alarm motor
  • rangkaian sensor gerak
  • cara membuat sensor gerak sederhana
  • cara membuat sensor gerak
  • sensor gerak
  • rangkaian alarm sensor gerak
  • membuat sensor gerak sendiri
  • rangkaian sensor gerak sederhana
  • membuat sensor gerak
  • cara membuat sensor gerak inframerah

Leave a reply "Rangkaian Alarm Sensor Gerak Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.