Rangkaian Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LGP Otomatis

486 views

Rangkaian Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LGP Otomatis – Kekhawatiran masyarakat akan kasus meledaknya gas LGP yang kerap terjadi membuat sebagian dari meraka enggan menggunakan bahan bakar yang satu ini. Padahal jika dibandingkan dengan bahan bakar lain, LPG termasuk yang paling murah. Apalagi LGP 3kg yang telah disubsidi oleh pemerintah.

Karena masalah tersebut, banyak orang yang berupaya mencari cara teraman dalam menggunakan gas LPG. Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kebocoran gas LPG. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat pendeteksi kebocoran gas. Kita bisa menemukannya dengan mudah di pasaran.

Sayangnya harga alat pendeteksi kebocoran gas LPG yang dijual di pasaran relatif mahal. Selain itu kualitasnya juga belum tentu terjamin. Oleh sebab itu ada baiknya kita membuat alat pendeteksi kebocoran gas LPG sendiri yang sudah pasti murah dan aman karena kita sendiri yang memilih komponen-komponennya.

Rangkaian Pendeteksi Kebocoran Gas

Anda tak perlu kawatir karena cara membuat alat pendeteksi kebocoran gas LPG tidaklah rumit dan bisa dibuat dari komponen-komponen elektronika dasar yang bisa kita belum di pasaran. Komponen utama yang digunakan ialah sebuah sensor gas jenis MQ-2 dan transistor BC557. Bagi anda yang penasaran dan ingin langsung mencobanya, berikut gambar skemanya.

Baca juga : Rangkaian Alarm Kebakaran Sederhana

Cukup simpel bukan? Kami yakin anda para pemula sekalipun bisa membuatnya. Semua komponen yang diperlukan untuk membuat alat pendeteksi gas LPG otomatis tadi bisa anda beli di toko komponen elektronika. Namun jika anda kesulitan, bisa langsung beli secara online di marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia dengan harga yang lebih murah.

Prinsip kerja dari rangkaian pendeteksi kebocoran gas LPG otomatis tadi sangat sederhana. Saat sensor gas MQ-2 menerima rangsangan berupa gas, maka sensor tersebut akan mengirimkan sinyal ke komponen lain yang pada akhirnya akan membunyikan alarm berupa buzzer.

Semakin tinggi kepekatan gas, maka sinyal yang dikirim dalam satuan volt juga akan semakin tinggi yang membuat output berupa alarm alias buzzer akan beredering semakin keras. Jadi anda bisa memasang rangkaian atau utamanya sensor gas tersebut di sekitar tabung LPG (elpiji), agar saat terjadi kebocoran bisa langsung diketahui.

Demikian info singkat mengenai skema rangkaian alat pendeteksi kobocoran gas LPG otomatis dengan menggunakan alarm serta sensor gas. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi pembaca belajarelektronika.net semuanya, utamanya yang kawatir dan peduli dengan masalah kebocoran gas yang kerap menghantui masyarakat kita akhir-akhir ini.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.