Rangkaian Cara Membuat Stopwatch Sederhana

1113 views

Rangkaian Cara Membuat Stopwatch Sederhana – Tentu sebagian besar dari anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya stopwatch. Ya, stopwatch merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur lama waktu sebuah kegiatan. Biasanya stopwatch banyak diaplikasikan dalam berbagai macam kegiatan olahraga.

Pasti anda sering melihat ada seorang atlet lari yang diukur waktu tempuh larinya menggunakan alat yang satu ini. Sebenarnya stopwatch memiliki banyak sekali fungsi mulai dari timer dan lain sebagainya. Alat ini bisa dibeli di berbagai toko olahraga dengan harga yang beragam tergantung kualitas serta fitur yang dimilikinya.

Jika ingin hemat, anda bisa membuat sebuah stopwatch sendiri dengan menggunakan beberapa komponen elektronika sederhana. Ya, bisa dipastikan bahwa harga stopwatch rakitan sendiri ini lebih murah ketimbang anda membeli stopwatch siap pakai. Namun jika anda membutuhkan bentuk yang compact, sebaiknya anda beli yang sudah jadi.

Rangkaian Stopwatch Sederhana

Komponen elektronika yang diperlukan untuk membuat sebuah stopwatch tidaklah banyak, hanya beberapa komponen elektronika dasar, beberapa IC, dan seven segment. Semua komponen tersebut bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko komponen elektronika baik online maupun offline. Langsung saja berikut skema rangkaiannya.

Dari gambar skema rangkaian stopwatch tersebut bisa kita lihat bahwa dibutuhkan empat sebuah IC yang berbeda-beda, yakni IC CD4060, IC CD4013, IC CD4033, dan IC LTS543. Selain itu juga terdapat sebuah komponen kristal dengan frekuensi 32,768 kHz yang digunakan untuk tujuan pencatatan.

Rangkaian stopwatch sederhana ini membutuhkan tegangan DC sebesar 9 volt yang bisa disuplay dari baterai maupun power supply. Dalam rangkaian tersebut juga telah disediakan sebuah tombol reset yang berfungsi mengembalikan angka ke titik semula alias nol. Jadi stopwatch ini cukup oke untuk diaplikasikan di berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan perhitungan waktu.

Semoga sedikit info mengenai cara membuat stopwatch sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca situs belajarelektronika.net di manapun anda berada. Sampai jumpa lagi di ulasan seputar rangkaian elektronika yang tak kalah menarik berikutnya.

Incoming search terms:

  • cara bikin stopwatch besar
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.