Rangkaian Charger Aki Otomatis dan Sederhana

33686 views

rangkaian charger akiRangkaian Charger Aki Otomatis dan Sederhana - Aki atau accumulator atau accu merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Kita dapat dengan mudah menemukan aki pada kendaraan bermotor seperti motor dan mobil.

Pada sebuah aki terdapat sel listrik yang didalamnya terdapat sebuah proses elektrokimia yang bersifat reversibel atau dapat berbalikan dengan efisiensinya yang tinggi. Dengan kata lain, proses tersebut dapat mengubah energi listrik menjadi energi kimia, atau energi kimia menjadi energi listrik.

Itulah kenapa energi dari aki dapat diisi ulang dengan cara dicharge, Jika energi kimia dalam aki sudah habis, maka dapat diisi lagi menggunakan energi listrik yang nantinya akan dikonversi dan disimpan dalam bentuk energi kimia. Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan membahas sedikit informasi mengenai cara membuat charger aki sederhana.

Rangkaian Charger Aki

Seperti namanya, charger aki digunakan untuk mengisi ulang energi dalam aki yang telah habis. Rangkaian yang akan kami bagikan kali ini merupakan rangakaian sederhana yang memanfaatkan beberapa komponen elektronika dasar. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa anda lihat pada ulasan berikut ini.

rangkaian aki

Semua komponen yang tertera pada skema rangkaian tadi bisa anda dapatkan di toko-toko komponen elektronika yang ada di dekat rumah anda. Namun jika anda ingin berbelanja komponen elektronika online, bisa baca artikel mengenai toko komponen elektronika online yang telah kami bahas sebelumnya.

Rangkaian yang digambarkan tadi merupakan rangkaian pengisi daya aki otomatis. Jika anda ingin rangkaian yang lebih sederhana bisa mencoba membuat rangkaian charger aki biasa yang tidak otomatis. Komponen yang diperlukan juga lebih sederhana dan sedikit. Berikut ini adalah skema rangkaian pengisi daya aki sederhana yang tidak otomatis.

pengisi daya aki

Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian charger aki otomatis dan sederhana. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di ulasan berikutnya, dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya mengenai rangkaian speaker aktif stereo sederhana.

Incoming search terms:

  • cara membuat charger aki dari charger hp
  • cara membuat cas aki otomatis sederhana
  • membuat charger aki dari charger hp
  • cara membuat charger aki otomatis sederhana
  • rangkaian charger accu otomatis
  • skema cas aki otomatis sederhana
  • rangkaian charger aki
  • rangkaian charger aki otomatis
  • rangkaian charger aki otomatis sederhana
  • rangkaian charger aki kering otomatis

Leave a reply "Rangkaian Charger Aki Otomatis dan Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.