Rangkaian Charger HP Motor 3 Ampere Menggunakan Aki

332 views

Rangkaian Charger HP Motor 3 Ampere Menggunakan Aki – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini hampir semua orang sudah menggunakan alat komunikasi berupa handphone ataupun smartphone. Alat komunikasi tersebut menjadi sangat penting bagi beberapa orang mengingat fungsinya tak hanya sebatas sebagai alat komunikasi.

Telepon pintar atau yang juga kerap disebut dengan smartphone tak hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara dan mengirim pesan singkat, namun bisa digunakan untuk hal-hal keren lainnya seperti mendengarkan musik, menonton video, bermain game, atau bahkan memotret dan mengambil video.

Berkaitan dengan hal tersebut, keberadaan charger menjadi sangat penting karena jika terus-menerus digunakan, daya baterai akan habis. Saat berada di rumah, kita bisa langsung mengisi daya baterai HP dengan menggunakan charger. Namun bagaimana jika kita sedang bepergian menggunakan kendaraan sepeda motor?

Cara Membuat Charger HP Motor

Anda tak perlu kawatir karena kali ini kami akan berbagi info menarik mengenai cara membuat charger HP otomatis di motor dengan menggunakan accu atau aki. Charger yang akan dibuat ini bukan charger biasa karena punya output 3 ampere sehingga dalam pengisiannya menjadi lebih cepat atau banyak orang menyebutnya dengan fast charging.

Banyak orang mengira bahwa membuat charger HP di motor dengan menggunakan aki itu susah. Padahal justru sebaiknya karena selain skema rangkaiannya sangat sederhana, komponen elektronika yang diperlukan juga tidak banyak. Semua komponennya bisa didapatkan dengan mudah dan harganya juga murah.

Ada dua jenis skema rangkaian yang akan kami bagikan. Yang pertama adalah skema rangkaian charger HP motor menggunakan dua buah dioda. Dan yang kedua adalah skema yang lebih sederhana tanpa menggunakan dioda. Semua rangkaian tersebut menggunakan IC menurun tegangan yakni 7805. Untuk info lebih jelasnya, simak gambar berikut.

Rangkaian Charger HP Motor dengan Aki Pertama

Baca juga : Cara Membuat Charger HP Mobil Sendiri

Rangkaian Charger HP Motor dengan Aki Kedua

Bagaimana, sangat simpel bukan? Semua rangkaian tadi dapat digunakan untuk melakukan isi ulang daya baterai HP semua merk dan tipe, tergantung dengan colokan charger yang anda perlukan. Anda bisa membeli berbagai jenis colokan charger mulai dari microUSB, USB type-C, atau colokan lama yang ujungnya lingkaran.

Anda bisa membelinya secara offline maupun online di beberapa marketplace seperti Tokopedia maupun Bukalapak. Atau jika tidak, anda bisa mengambilnya dari charger HP biasa yang sudah tidak terpakai lagi. Dengan begitu anda bisa melakukan charging baterai HP saat berkendara seperti halnya di mobil.

Oke, demikian tadi info singkat mengenai rangkaian charger HP motor 3 ampere menggunakan aki. Semoga info tadi bisa bermanfaat dan menginspirasi pembaca semua untuk terus berkarya menciptakan alat-alat sederhana dan berguna. Share jika memang info tadi menurut anda bermanfaat dan dibutuhkan orang banyak. Terimakasih.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.