Rangkaian DOL (Direct On Line) Motor Listrik

3804 views

rangkaian dolRangkaian DOL (Direct On Line) Motor Listrik - Bagi anda yang sekolah atau kuliah jurusan listrik atau elektro arus kuat pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah D.O.L atau DOL. Secara sederhana, DOL adalah salah satu sistem pengendali yang paling dasar pada pengendali motor 3 fasa.

Pada umumnya, rangkaian DOL terbagi atas dua bagian, yakni rangkaian daya dan rangkaian kontrol. Nah, pada kesempatan yang baik ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai materai rangkaian DOL pada motor listrik. Buat anda yang penasaran, dan ingin tahu informasi lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan berikut ini.

Rangkaian DOL (Direct On Line)

Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa rangkaian DOL terdiri dari dua bagian, yakni rangkaian daya dan kontrol. Rangkaian daya adalah rangkaian jalur utama tegangan pada motor. Tegangan yang digunakan diantaranya sebesar 220 volt,380 volt, 660 volt, sampai dengan 6,6 kilo volt.

Sedangkan rangkaian kontrol adalah rangkaian yang yang memiliki fungsi sebagai pengatur kinerja rangkaian. Pada umumnya, rangkaian ini terdiri dari beberapa komponen seperti pushbutton, kontaktor magnet, MCB, dan juga TOR. Tegangan yang biasa digunakan pada rangkaian ini adalah 220 volt alias tegangan 1 fasa.

Nah, berikut adalah beberapa contoh rangkaian DOL pada motor listrik yang bisa anda simak dan jadikan referensi. Bagi anda yang masih bingung dengan rangkaian tersebut, atau ingin menambahkan informasi, bisa coba tinggalkan komentar pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah artikel.

1. Rangkaian DOL Motor Listrik Star Delta

rangkaian dol motor listrik star delta

2. Rangkaian DOL Motor Listrik Reverse Forward

rangkaian dol motor listrik reverse forward

Baca juga : Rangkaian Star Delta Motor 3 Fasa

Nah, itulah tadi dua contoh rangkaian D.O.L. Ada beberapa komponen yang biasa digunakan untuk mendukung rangkaian tersebut, seperti pengaman (circuit breaker), kontak magnet (kontaktor), push button, time delay, sampai dengan thermal overload relay (THOR).

Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian DOL motor listrik. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca semuanya, khususnya pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • rangkaian dol
  • prinsip kerja rangkaian dol
  • rangkaian dol motor 3 fasa
  • gambar rangkaian dol
  • rangkaian motor 3 fasa star delta
  • motor lostrik dol
  • cara kerja rangkaian dol
  • contoh rangkaian dol
  • rangkaian dol sederhana
  • Rangkaian dol 3 fasa

Leave a reply "Rangkaian DOL (Direct On Line) Motor Listrik"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.