Rangkaian Driver Motor Stepper Sederhana

10765 views

rangkaian driver motor stepperRangkaian Driver Motor Stepper Sederhana - Dalam dunia elektronika dan kelistrikan, kita mengenal banyak sekali jenis motor, mulai dari motor DC, motor stepper, motor servo, motor 3 fasa, dan masih banyak yang lainnya. Kali ini belajarelektronika.net akan membahas lebih lanjut materi mengenai motor stepper.

Motor stepper adalah varian dari motor DC yang dikendalikan dengan menggunakan pulsa-pulsa digital. Jadi perputaran motor tidak secara terus-menerus, melainkan tergantung pada pulsa yang diberikan. Saat pulsa bernilai 1, maka putaran motor akan aktif. Sebaliknya jika pulsa bernilai 0, maka putaran motor juga akan mati.

Motor stepper banyak digunakan untuk keperluan industor dan robotika. Ada banyak sekali jenis mobile robot yang menggunakan penggerak berupa motor stepper. Namun dalam aplikasinya, motor stepper memerlukan sebuah driver agar dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Rangkaian Driver Motor Stepper

Sebenarnya untuk membuat sebuah driver motor stepper tidaklah sulit. Komponen yang dibutuhkan cukup sederhana dan mudah didapatkan. Beberapa komponen utama yang digunakan untuk membuat sebuah driver motor stepper adalah IC L297 yang difungsikan sebagai pengendali, dan IC L297 sebagai driver. Berikut adalah gambar skema rangkaian driver motor stepper yang bisa anda jadikan referensi.

driver motor stepper

Semua daftar komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah driver motor stepper bisa anda lihat pada gambar skema. Sekedar informasi bahwa rangkaian ini dapat mengendalikan arus listrik konstan. Tak heran jika driver ini dapat disesuaikan dengan jenis motor stepper yang digunakan.

Selain itu arus dapat diatur menggunakan tripot. Kelebihan dari rangkaian ini adalah dapat mencegah kelebihan beban atau over current pada motor stepper. Rangkaian driver ini dapat digunakan untuk menjalankan motor stepper jenis bipolar ataupun unipolar. Biasanya motor stepper bipolar hanya menggunakan 4 kabel, sedangkan unipolar 6 kabel.

Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian driver motor stepper sederhana. Semoga informasi yang kami bagikan kali dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net di manapun anda berada. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya.

Incoming search terms:

  • rangkaian driver motor stepper
  • skema rangkaian motor stepper sederhana
  • membuat driver motor stepper
  • cara membuat rangkaian steper
  • cara membuat driver motor stepper
  • skema rangkaian stiper
  • cara membuat drive stepper motor termudah
  • cara membuat steper 4 motor
  • fungsi L297
  • gambar driver motor step

Leave a reply "Rangkaian Driver Motor Stepper Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.