Rangkaian Elektronika LED Berjalan Sederhana

6111 views

rangkaian elektronika ledRangkaian Elektronika LED Berjalan Sederhana - Salah satu bentuk rangkaian elektronika sederhana yang saat ini cukup populer di kalangan masyarakat adalah rangkaian LED berjalan. Rangkaian tersebut dapat dengan mudah kita temukan di rumah-rumah, toko, maupun mall atau pusat perbelanjaan.

Biasanya rangkaian ini digunakan sebagai papan nama atau penanda unik yang akan mencolok saat berada dalam gelap. Pastinya anda juga sudah tahu bahwa LED berjalan tersebut disusun dari banyak LED yang dapat menyala secara bergatain? Ya, agar LED tersebut dapat menyala secara bergantian, maka diperlukan sebuah rangkaian khusus.

Untuk membuat rangkaian yang satu ini sebenarnya tidaklah sulit, karena termasuk ke dalam rangkaian elektronika sederhana. Komponen yang diperlukan juga tak banyak. Hanya saja LED yang dipergunakan disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar LED berjalan yang diinginkan, maka semakin banyak juga LED yang diperlukan.

Rangkaian Elektronika LED

Perlu diketahui sebenarnya LED yang ada dalam rangkaian tersebut tidak benar-benar berjalan, hanya saja menyala dan mati secara bergantian dengan skema yang teratur sehingga membuatnya nampak seperti tulisan berjalan yang dapat menarik perhatian setiap orang yang melihatnya.

Terdapat dua jenis IC (integrated circuit) yang digunakan pada rangkaian LED berjalan ini, yakni IC NE555 dan IC 4017B. Selain dua jenis IC tersebut, masih ada beberapa jenis komponen lainnya seperti kapasitor, resistor, dan beberapa jenis komponen lainnya. Namun anda tak perlu kawatir karena semua komponen yang dipergunakan dalam rangkaian ini dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko komponen elektronika.

Dalam rangkaian ini, IC NE555 berfungsi sebagai penghasil pulsa atau sinyal logika yang menjadikan LED bisa berkedap-kedip sehingga terlihat seperti berjalan. IC NE555 bisa dibilang sebagai komponen utama dari rangkaian LED berjalan ini. Sedangkan IC 4017B berfungsi sebagai counter yang membuat LED dapat menyala secara bergantian.

Berikut ini gambar skema rangkaian elekronika LED berjalan sederhana:

rangkaian elektronika led berjalan

Sekian informasi mengenai rangkaian elektronika LED berjalan sederhana. Semoga informasi tadi dapat menginspirasi pembaca setia belajarelektronika.net. Bagikan artikel ini apabila bermanfaat, dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya seputar rangkaian elektronika lengkap.

Incoming search terms:

  • rangkaian led berjalan tanpa ic
  • rangkaian led berjalan
  • rangkaian lampu led berjalan 12 volt
  • led berjalan
  • komponen rangkaian led berjalan
  • skema rangkaian led berjalan 12 volt
  • rangkaian sederhana elektronika running led
  • rangkaian elektronika sederhana running led
  • rangkaia elektronika
  • led berjalan tanpa ic 4017

Leave a reply "Rangkaian Elektronika LED Berjalan Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.