Rangkaian Elektronika Sederhana dan Cara Kerjanya

16375 views

rangkaian elektronika sederhanaRangkaian Elektronika Sederhana dan Cara Kerjanya - Ketika mempelajari elektronika, pastinya kita akan dihadapkan dengan praktek membuat rangkaian elektronika sederhana yang bermanfaat dan merakit komponen. Nah, oleh sebab itu anda harus paham betul bagaimana rangkaian elektronika dibuat dan prinsip kerjanya.

Misal rangkaian elektronika alarm anti maling. Maka anda harus tahu komponen elektronika apa saja yang digunakan untuk membuat rangkaian tersebut, bagaimana skema atau layout tersebut, dan yang paling penting adalah prinsip kerja dari rangkaian itu sendiri. Ketiga hal tersebut harus anda pahami terlebih dahulu sebelum anda praktek membuat sebuah rangkaian elektronika.

Rangkaian Elektronika Sederhana

Dan pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai beberapa rangkaian elektronika sederhana yang bisa anda coba buat dan praktekkan untuk mengasah kemampuan anda. Rangkaian ini tak membutuhkan komponen elektronika yang banyak dan mahal. Berikut informasi lengkapnya.

1. Rangkaian Elektronika Lampu Flip Flop

rangkaian flip flop 2

Rangkaian elektronika lampu flip-flop merupakan salah satu rangaian elektronika yang paling sederhana. Rangkaian ini cocok untuk anda yang baru belajar elektronika. Prinsip kerjanya adalah ada dua buah LED yang anda siapkan. Dan dengan rangkaian tersebut, dua buah LED akan menyala dan mati secara bergantian.

2. Rangkaian Elektronika Pendeteksi Hujan

rangkaian pendeteksi hujan

Rangkaian elektronika pendeteksi hujan merupakan salah satu rangkaian elektronika yang sederhana. Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah dengan memanfaatkan sensor yang apabila terkena hujan maka sinyal input akan diproses dalam rangkaian sehingga dapat menghasilkan sinyal output yang berupa suara.

3. Rangkaian Elektronika Anti Maling

rangkaian anti maling

Rangkaian elektronika anti maling juga termasuk salah satu rangkaian elektronika sederhana. Prinsip kerja rangkaian ini adalah dengan memanfaatkan saklar A dan B. Jika saklar tersebut saling berkiatan dalam beberapa detik saja, maka rangkaian akan menyeluarkan output yang terus aktif. Anda bisa menggunakan output berupa lampu atau sirine.

4. Rangkaian Elektronika Penidur

rangkaian penidur

Rangkaian elektronika penidur adalah rangkaian elektronika sederhana yang dapat digunakan untuk membantu seseorang agar tertidur lelap. Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah dengan mengeluarkan output yang berupa suara secara berkesinambungan saat rangkaian menyala.

5. Rangkaian Elektronika Pengusir Nyamuk

rangkaian pengusir nyamuk

Rangkaian elektronika pengusir nyamuk ini merupakan rangkaian elektronika sederhana yang memiliki fungsi pengusir nyamuk, atau pengganti obat nyamuk. Sebenarnya rangkaian ini berbasis pada rangkaian flip flop. Output yang digunakan adalah suara yang membuat takut nyamuk.

6. Rangkaian Elektronika Lampu Darurat

rangkaian lampu darurat

Rangkaian elektronika sederhana lampu darurat ini dapat digunakan untuk mengganti fungsi lampu saat listrik padam. Anda bisa menggunakan baterai atau accu sebagai sumber tegangan dari rangkaian ini. Jadi sangat praktis apabila dibutuhkan dalam situasi yang mendesak.

7. Rangkaian Elektronika Adaptor

rangkaian adaptor

Rangkaian elektronika adaptor ini merupakan salah satu rangkaian elektronika sederhana yang dapat anda gunakan untuk mengubah arus AC menjadi DC. Komponen yang digunakan untuk membuat rangkaian ini tidaklah banyak hanya trafo, dioda, resistor, kapasitor, dan transistor.

Sebenarnya masih banyak sekali rangkaian elektronika sederhana yang bermanfaat lainnya. Anda bisa mencarinya lagi di web belajarelektronika.net. Kami akan berbagi rangkaian elektronika yang lain pada kesempatan yang akan datang. Jangan lupa baca artikel menarik lain seputar makalah teori dasar kelistrikan.

Incoming search terms:

  • rangkaian elektronika sederhana
  • rangkaian elektronika sederhana dan cara kerjanya
  • contoh membuat alat elektronik sederhana
  • cara membuat lampu flip flop paling sederhana
  • alat elektronik sederhana yang bermanfaat
  • alat elektronik sederhana
  • membuat alat elektronik sederhana
  • Rangkaian elektro
  • cara membuat setrum ikan menggunakan trafo
  • elektronik sederhana

Leave a reply "Rangkaian Elektronika Sederhana dan Cara Kerjanya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.