Rangkaian Elektronika Sensor Sederhana

7480 views

rangkaian elektronika sensor

Rangkaian Elektronika Sensor Sederhana – Berbicara soal sensor, kita mengenal sensor cahaya, sentuh, gerak, suhu, air, suara, panas, infra merah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua jenis sensor tersebut dapat diaplikasikan dalam sebuah rangkaian elektronika, baik yang sederhana sampai yang rumit.

Fungsi dari sensor sendiri sebenarnya untuk mengubah suatu energi ke energi lain. Misal sensor cahaya akan merespon cahaya yang ditangkap oleh sebuah sensor kemudian menterjemahkannya dalam sebuah arus listrik yang nantinya dapat diolah dalam sebuah rangkaian elektronika tertentu.

Rangkaian Elektronika Sensor

Setelah sebelumnya belajareletronika.net membahas mengenai rangkaian elektronika LED, pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan dengan rangkaian elektronika yang menggunakan sensor. Oke, bagi anda yang ingin tahu informasi lengkapnya, bisa langsung simak ulasan dari belajarelektronika.net berikut ini.

1. Rangkaian Elektronika Sensor Jarak Magnetik

Rangkaian Elektronika Sensor Jarak Magnetik

Rangkaian yang satu ini menggunakan sensor magnetik. Prinsip kerjanya adalah ketika ada medan magnetik yang didekatkan pada area sensor, maka si sensor akan memberikan respon terdapat rangkaian. Rangkaian ini terbilang sederhana karena hanya menggunakan dua IC dasar saja.

2. Rangkaian Elektronika Saklar Tepuk

Rangkaian Elektronika Saklar Tepuk

Rangkaian yang satu ini menggunakan sensor suara. Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah akan memberikan respon on atau off ketika sensor menerima rangsangan berupa suara. Dalam rangkaian ini digunakan IC 741 sebagai penguat, ditambah dengan CD4017 sebagai flip flop. Sensitifitas dari rangkaian ini dalam menerma rangsangan juga dapat diatur menggunakan VR.

3. Rangkaian Elektronika Parkir Otomatis

Rangkaian Elektronika Parkir Otomatis

Rangkaian yang satu ini menggunakan sensor infra merah yang prinsip kerjanya dapat memudahkan pengguna mobil dalam memparkir mobilnya. Rangkaian ini menggunakan beberapa IC seperti NE555 dan LM324. Rangkaian ini tergolong rangkaian elektronika yang cukup sederhana.

Lebih banyak contoh rangkaian elektronika >> Rangkaian Elektronika

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan terkait rangkaian elektronika sensor sederhana. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat sekaligus inspirasi khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya, dan baca juga artikel lain mengenai rangkaian elektronika download.

Incoming search terms:

  • rangkaian elektronika sensor
  • rangkaian sensor sederhana
  • rangkaian sensor
  • rangkaian elektronika sederhana menggunakan sensor
  • rangkaian sensor jarak
  • contoh rangkaian sensor magnet
  • membuat sensor jarak sederhana
  • membuat rangkaian sensor sederhana
  • rangkaian sederhana sensor
  • cara membuat sensor jarak sederhana
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.