Rangkaian Inverter Pure Sine Wave 1000 Watt

2823 views

Rangkaian Inverter Pure Sine Wave 1000 Watt – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa inverter adalah sebuah alat yang berguna untuk mengubah listrik searah alias listrik DC menjadi listrik bolak-balik alias listrik AC. Alat tersebut tentunya sangat berguna bagi beberapa orang. Misal saat listrik padam, kita bisa memanfaatkan listrik DC dari baterai atau accu untuk menyalakan lampu rumah.

Jenis inverter sendiri sangat bermacam-macam. Salah satunya adalah inverter pure sine wave. Buat anda yang belum tahu, inverter pure sine wave adalah salah satu jenis inverter yang memiliki tegangan suplay dengan efisiensi paling baik mencapai 80%. Inverter jenis ini memiliki tegangan output berbentuk gelombang sinus murni.

Tak sedikit teknisi pemula yang bertanya-tanya kepada kami tentang bagaimana cara membuat inverter pure sine wave dengan komponen elektronika sederhana. Sebenarnya rangkaian inverter pure sine wave sendiri tak begitu rumit dan tidak jauh berbeda dibanding dengan rangkaian inverter pada umumnya.

Cara Membuat Inverter Pure Sine Wave

Oke, tak perlu berlama-lama jika anda ingin membuat inverter pure sine wave sederhana sendiri, berikut kami bagikan skema rangkaiannya. Semua daftar komponen yang dibutuhkan untuk membuat inverter pure sine wave kali ini sudah tertera pada gambar rangkaian tersebut. Jadi silahkan dicermati baik-baik.

Baca juga : Rangkaian Inverter Tenaga Surya

Kelebihan dari rangkaian inverter pure sine wave ini salah satunya adalah mampu menghasilkan output tegangan listrik dengan gelombang yang sama persis dengan yang dihasilkan oleh listrik PLN. Jadi inverter ini aman digunakan untuk menyalakan berbagai macam alat elektronik pada saat listrik padam. Sumber atau input yang digunakan bermacam-macam, bisa dari baterai maupun accu.

Karena kelebihannya tersebutlah banyak orang yang ingin membuat inverter jenis ini. Sebenarnya selain inverter pure sine wave, ada dua jenis inverter lain yang juga cukup populer di masyarakat yakni inverter modified sine wave dan inverter square wave. Namun diantara beberapa jenis inverter tadi, pure sine wave lah yang paling efisien.

Demikianlah info singkat mengenai skema rangkaian inverter pure sine wave 1000 watt sederhana yang bisa langsung anda coba buat sendiri di rumah. Jangan lupa share atau bagikan info ini ke teman-teman anda sesama teknisi elektronika lain agar mereka juga bisa mencobanya. Semoga bermanfaat bagi anda para pembaca sekalian. Sampai jumpa di info seputar elektronika yang tak kalah keren lainnya.

Incoming search terms:

  • warna kabel untuk instalasi rumah
  • buat sendiri inverter pure sine wave
  • cara membuat inverter pure sine wave
  • rangkaian inverter pure sine wave
  • merakit inverter 1000 watt murni
  • membuat inverter pure sine wave
  • layout rangkaian inverter sinus murni
  • inverter pure sinewave skema
  • gambar box middle
  • cara merakit inverter pure sine wave
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.