Rangkaian Lampu Lalu Lintas Sederhana

9448 views

rangkaian lampu lalu lintas sederhanaRangkaian Lampu Lalu Lintas Sederhana - Pastinya anda sudah tak asing lagi dengan yang namanya lampu lalu lintas atau traffic light bukan? Ya, namun tahukah anda bagaimana alat tersebut dapat bekerja sehingga dapat mengatur jalannya lalu lintas di setiap perempatan atau pertigaan dengan baik?

Nah, bagi anda yang penasaran atas jawaban dari pertanyaan tersebut, silahkan simak baik-baik artikel terbaru dari Belajar Elektronika berikut ini. Karena pada kesempatan yang baik ini Belajar Elektronika akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai cara membuat lampu lalu lintas sederhana.

Pada umumnya rangkaian lampu lalu lintas menggunakan kontrol PLC. Akan tetapi harga dari PLC sendiri sangat mahal, dan tak semua orang sanggup untuk membelinya. Namun anda tak perlu kawatir karena masih ada alternatif lain sebagai pengganti PLC untuk rangkaian lampu lalu lintas.

Rangkaian Lampu Lalu Lintas Sederhana

Untuk mengobati rasa penasaran anda, berikut akan langsung kami bagikan gambar skema rangkaian lampu lalu lintas sederhana dengan menggunakan beberapa dua IC utama, yakni IC Timer 555 dan juga IC Counter 4017. Penasaran? Langsung saja simak info lengkapnya di bawah ini.

rangkaian traffic light

Itulah tadi skema rangkaian traffic light sederhana. Dari gambar skema rangkaian tersebut dapat kita lihat bahwa terdapat dua IC utama, yakni IC timer 555 dan IC counter 4017. Selain itu rangkaian ini dapat berjalan dengan menggunakan tegangan DC 9 volt yang bisa anda ambil dari baterai kotak.

Baca juga : Rangkaian Sensor Parkir Mobil Otomatis

Untuk mengatur lama waktu nyala dan mati lampu, anda bisa menggunakan potensio 1M yang juga bisa anda lihat pada skema rangkaian tersebut. Semua komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian ini tentunya dapat anda temukan dengan mudah di toko komponen elektronika sekitar rumah anda.

Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian lampu lalu lintas sederhana tanpa PLC ataupun mikrocontroller. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman anda apabila diaggap bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara membuat lampu lalu lintas otomatis sederhana
  • cara membuat lampu lalu lintas
  • rangkaian lampu lalu lintas
  • cara membuat lampu lalu lintas sederhana
  • cara membuat lampu lalu lintas sederhana menggunakan baterai
  • cara membuat rangkaian paralel lampu lalu lintas sederhana
  • cara membuat lampu lalu lintas dengan rangkaian paralel
  • cara kerja lampu lalu lintas sederhana
  • rangkaian lampu lalu lintas sederhana
  • rangkaian lampu lalu lintas menggunakan timer

Leave a reply "Rangkaian Lampu Lalu Lintas Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.