Rangkaian Lampu LED 220v Sederhana

10853 views

rangkaian led 220v untuk rumahRangkaian Lampu LED 220v Sederhana - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini ada banyak sekali jenis lampu mulai dari lampu TL sampai yang paling baru ada lampu LED. Lampu sendiri berfungsi untuk penerangan. Prinsip kerja lampu adalah mengubah listrik menjadi cahaya.

Kali ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai lampu LED. Dewasa ini lampu LED lebih diminati dibanding jenis lampu yang lain karena selain lebih terang, juga hemat energi. Konsumsi listrik dari lampu LED 30 persen sampai 50 persen lebih hemat dibandingkan dengan lampu konvensional.

Walaupun harganya lebih mahal dibanding dengan lampu lainnya, namun tak sedikit orang lebih memiliki lampu ini karena jika dihitung-hitung memang lebih ekonomis. Apalagi jika anda bisa membuat lampu LED sendiri untuk rumah. Tentunya harganya akan menjadi lebih terjangkau dibanding anda membeli lampu LED siap pakai.

Rangkaian Lampu LED 220v

Nah, bagi anda yang ingin mencoba membuat lampu LED sendiri untuk rumah, namun belum tahu bagaimana caranya, tak usah bingung. Karena pada kesempatan kali ini Belajar Elektronika akan berbagi sedikit informasi mengenai cara membuat lampu LED 220v sederhana untuk rumah.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan semua komponen yang diperlukan. Sekedar info saja bahwa komponen yang dibutuhkan untuk membuat lampu LED 220v untuk rumah ini tidaklah banyak dan harganya terjangkau. Estimasi biayanya kurang dari 10 ribu rupiah tergantung tempat di mana anda membeli komponen. Berikut rinciannya.

  • 24 buah LED : 24 x 200 = Rp. 4.800,-
  • 1 buah resistor 1K 3W = Rp. 250,-
  • 1 buah kapasitor 0,22 uF = Rp. 2000,-

Setelah semua komponen sudah siap, langkah selanjutnya adalah merangkai komponen-komponen tersebut menjadi sebuah lampu LED. Berikut akan kami bagikan skema rangkaian lampu LED 220v sederhana menggunakan komponen yang telah disiapkan tadi. Penasaran? Simak baik-baik ulasan berikut.

rangkaian lampu led 220v sederhana

Baca juga : Cara Merangkai Lampu LED 12v

Rangkaian LED tersebut dapat digunakan di listrik 220 volt 1 fasa dari PLN. Penyusunan LED tersebut dibuat sedemikian rupa agar efisiensinya meningkat alias lebih hemat energi. Rangkaian tersebut kira-kira memakan daya 24 watt saat digunakan. Terbilang lebih hemat energi dibanding dengan lampu jenis lain.

Demikian informasi singkat mengenai rangkaian lampu LED 220v sederhana. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda bila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • rangkaian lampu disco 220 volt
  • membuat lampu led 220v
  • rangkaian led 220v
  • led 220v
  • lampu led 220 v
  • Merakit led 220v
  • cara membuat lampu 220 v menggunakan led
  • Rangkaian lampu 220 V
  • rangkaian lampu led untuk 220volt
  • rangkaian lampu led ke listrik 220

Leave a reply "Rangkaian Lampu LED 220v Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.